Jelang Sail Tidore, Kemenkopukm Dorong Pengembangan SDM Berbasis Kemitraan

Sebarkan:
Peseet kegiatan Pengembangan SDM Berbasis Kemitraan dengan UKM Ekspor melalui Peningkatan Kapasitas Manajerial SDM UKM. (Kamera/Aidar)
KAMERA TIDORE - Jelang gelaran Sail Tidore 2022, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KEMENKOPUKM) Gelar Kegiatan Pengembangan SDM Berbasis Kemitraan dengan UKM Ekspor melalui Peningkatan Kapasitas Manajerial SDM UKM, bekerjasama dengan Dinas Perindagkop dan UKM Kota Tidore.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Asisten Deputi (ASDEP) Sumber Daya Manusia Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Dwi Adriani Sulistyowati melalui virtual, dan diikuti oleh berbagai pelaku UMKM di Kota Tidore Kepulauan, di Kantor Kelurahan Topo, Kamis 20 Oktober 2022.

Dwi Adriani Sulistyowati dalam kesempatan tersebut mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya Kementerian Koperasi dan UKM dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia pelaku usaha, untuk memperbaiki pengelolaan usaha sehingga dapat memperbaiki kualitas produk, hingga tersedia permintaan pasar dengan standar yang dipersyaratkan.

“Pelatihan yang akan dipandu oleh narasumber daerah maupun narasumber dari Kementerian Koperasi dan UKM, akan membantu para pelaku UMKM untuk lebih meningkatkan kualitas produksi hingga pemasaran, dari proses pembuatan produk hingga teknis penjualan,” ujar Dwi Adriani.
Dwi Adriani menambahkan, Sail Tidore 2022 merupakan momentum yang sangat bagus, olehnya itu produk-produk keunggulan lokal yang ada di Kota Tidore, bisa diperkenalkan kepada para tamu nasional maupun internasional yang akan hadir di Perhelatan Sail Tidore nanti.

“Produk-produk ini, akan menjadi ciri khas, bahwa di Tidore juga ada produk lokal. Selain itu, dengan momentum Sail Tidore, dapat memperluas pemasaran, hingga kelak akan ada permintaan pasar di luar Kota Tidore Kepulauan,” kata Dwi.

Di kesempatan yang sama, Kepala Perindagkop dan UKM Kota Tidore, Saiful Bahri Latif dalam sambutannya mengatakan, pasca pandemic covid 19, salah satu yang berperan penting dalam pemulihan ekonomi adalah  UMKM, olehnya itu kegiatan seperti pelatihan ini sangat diharapkan oleh Pemerintah Daerah.

“Untuk meningkatkan sumber daya manusia pelaku UMKM, pelatihan seperti ini sangat diharapkan oleh Pemerintah Daerah, terlebih lagi di bulan November nanti, ada momen perhelatan Sail Tidore, saya ingin pelaku UMKM jangan sampai menjadi penonton di acara Sail Tidore 2022, namun harus memberikan dampak ekonomi yang nyata bagi pelaku usaha, di momen Sail ini kita manfaatkan secara maksimal,” ucapnya.

Setelah pembukaan di Kantor Kelurahan Topo, kegiatan pelatihan yang akan berlangsung selama tiga hari ini, dari tanggal 20 sampai dengan 22 Oktober 2022 akan dilanjutkan di aula penginapan bougenfile Kelurahan Soasio. Dengan mendaulat, Ramli Sugianto selaku narasumber daerah, dan Muhammad Satria Nugraha selaku narasumber pusat.*

====
Penulis : Aidar Salasa.
Editor    : Rustam Gawa

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini