Cegah Kejahatan di Perairan Loloda, Satpolairud Rutin Lakukan Patroli

Sebarkan:
Giat patroli di perairan Loloda Kepulauan. (Kamera/Rustam)
KAMERA TOBELO - Mencegah kejahatan di laut, Satuan Polisi Air dan Udara atau Satpolairud Polres Halmahera Utara rutin melakukan patroli.

Patroli kali ini fokuskan di perairan Kecamatan Loloda Kepulauan, pasalnya di wilayah ini masih banyak kejahatan penangkapan ikan dengan menggunakan bahan peledak alias Bom.

Kegiatan patroli tersebut sesuai dengan surat perintah Kapolres Halut dengan nomor 35/XI/2022/polairud tentang pelaksanaan patroli laut di perairan Halmahera Utara.

Kasat Polairud Polres Halmahera Utara, IPTU M. Toha Alhadar  M.Si mengatakan, dalam pelaksanaan patroli tersebut, pihaknya menerjunkan sebanyak 6 personil untuk melaksankan patroli rutin.

"Ini menindak lanjuti laporan adanya pengeboman ikan sering dilakukan warga, sehingha kami cegah itu, tepatnya di perairan Desa Dama, Tuakara dan periaran Loloda Kepulauan sekitarnya," ujarnya, Rabu, 3 November 2022.
Kasat Polairud Polres Halmahera Utara, IPTU M. Toha Alhadar  M.Si 
Tujuan dari giat patroli tersebut, sambung Toha, sebagai bentuk untuk mencegah terjadinya tidak pidana di perairan seperti menangkap ikan dengan menggunakan bahan peledak (bom) yang dapat merusak lingkungan bawah laut.

"Dalam giat patroli ini personil saya juga memberikan himbauan kamtibmas kepada masyarakat pesisir pantai dan nelayan agar bersama-sama Polirud menjaga keamanan dan kelestarian laut," katanya.

Mantan Kapolsek Maba Selatan dan Maba ini menyatakan, jika dalam operasi  terdapat pelaku pengeboman, maka akan di tindak tegad sesuai perundang-undangan yang berlaku.

"Selagi menangkap ikan dengan alat tangkap yang ramah lingkungan, pasti aman-aman saja, namun jika kedapatan ada masyarakat yang pakai bahan peledak tetap ditindak," tandasnya.

====
Penulis : Rustam Gawa
Editor   : Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini