Pemkot Tidore Gelar Rapat Evaluasi Percepatan Penyusunan Laporan Keuangan 2022

Sebarkan:
Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan Ismail Dukomalamo (Baju biru) saat pimpin rapat. (Kamera/Aidar
KAMERA TIDORE - Pemerintah Kota Tidore Kepulauan menggelar Rapat Evaluasi Percepatan Penyusunan Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2022, Jumat, 13 Januari 2023.

Rapat tersebut  berlangsung di Aula Sultan Nuku Kantor Wali Kota itu dipimpin oleh  Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan Ismail Dukomalamo.

“Rapat ini merupakan rapat tindaklanjut dengan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) hari Rabu  kemarin terkait laporan keuangan, hasil rapat ini akan dilaporkan ke Wali Kota dan Wakil Wali Kota,” ujar Ismail Dukomalamo.

Ia menjelaskan bahwa dalam arahan BPK pada setiap Kabupaten/Kota tersebut terdapat ada dua hal.  Yakni eksekusi temuan BPK dan menindaklanjuti ketepatan waktu dalam penyampaian Laporan Keuangan Daerah atau LKPD.

“Saya sampaikan terima kasih kepada Inspektur Daerah Kota Tidore yang kemarin sudah menindaklanjuti temuan BPK, eksekusi temuan BPK ini paling lambat tanggal 15 Maret, yang kedua itu menindaklanjuti terkait dengan ketepatan waktu dalam penyampaian Laporan Keuangan Daerah (LKPD), jika terjadi keterlambatan dalam penyampaian laporan keuangan ini maka akan dinilai khusus oleh BPK,” katanya.
Ismail menambahkan, rapat juga terkait pembahasan percepatan penyusunan laporan keuangan yang dimulai dari penyampaian GUP nihil, SPJ bulan Desember dan lain sebagainya.“Sampai pada hari ini yang GUP nihil masih terdapat beberapa OPD yang belum selesai,” ucapanya,

Selain itu Ismail juga memberikan apresiasi kepada Kepala Dinas Ketahanan Pangan yang merupakan satu-satunya OPD yang laporan keuangannya sudah finis.

“Maka OPD yang lainnya dapat belajar di Kadis Pangan untuk dapat menyelesaikan laporan keuangannya. Saya berharap laporan keuangan ini dimasukan tepat pada waktunya, proses penyelesaian LKPD, dari keuangan telah membuat skedulnya, maka harus dilaksanakan dan diselesaikan, lebih cepat itu lebih bagus,” katanya.

“Para Sekretaris dapat melihat skedul yang ada, kemudian mendesak Bendahara untuk dapat menyelesaikannya, ini tidak main-main. Saya juga sangat megharapkan agar semua Pimpinan OPD, Sekretaris dan Bendahara dapat mematuhi, agar laporan ini dapat selesai sesuai dengan target waktu yang telah ditentukan,” tegas Ismail.

Turut hadir dalam rapat ini, Para Asisten Sekda, Staf Ahli Wali Kota, Pimpinan OPD, Para Camat serta Para Sekretaris dan Bendahara masing-masing OPD.

====
Penulis : Aidar Salasa
Editor    : Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini