Tim HRP PTNHM Evakuasi Warga Tobelo Penderita Stroke Parah ke Manado

Sebarkan:
Tim HRP PTNHM saat mengevakuasi pasien. (Istimewa)
KAMERA TOBELO - Tim Haji Robert Peduli,(HRP) kesehatan masyarakat PT Nusa Halmahera Minerals (HRP Kesmas PTNHM) Jumat, 10 Maret 2023 kemarin, mengevakuasi seorang warga Desa Gosowoma, Kecamatan Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara dari Tobelo ke Manado untuk mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit Siloam Manado, Sulawesi Utara.

Koordinator Tim HRP KesMas PTNHM, Septian Sam menjelaskan, evakuasi tersebut dilakukan oleh Tim HRP KesMas setelah pihak Rumah Sakit Umum Daerah Tobelo yang merawat pasien tersebut menyatakan pasien harus segera dirujuk ke rumah sakit lain untuk mendapatkan perawatan yang intensif, dan Tim HRP KesMas atas arahan Presiden Direktur PTNHM, Haji Robert Nitiyudo Wachjo melakukan evakuasi.

"Pasien mengalami stroke yang parah dan ketika ditemui oleh Tim HRP KesMas satu hari sebelumnya dalam keadaan koma.
Helikopter PTNHM diterbangkan dari tambang Gosowong di Kecamatan Malifut, Halmahera Utara ke kota Tobelo dan mendarat di lapangan di depan Kantor Bupati Halut," ujarnya. Selasa, 14 Maret 2023.

Kemudian, pasien dibawa dengan mobil ambulance dari RSUD Tobelo ke lapangan tersebut dan kemudian diterbangkan ke Manado. Dalam helikopter, pasien didampingi oleh dua orang paramedis dari RSUD Tobelo, dr Simone dari Tim HRP KesMas PTNHM serta keluarga pasien.

"Atas arahan bapak Haji Robert, Tim HRP KesMas akan melakukan pendampingan selama pasien dirawat di RS Siloam Manado. Pasien akan dirawat dengan menggunakan pelayanan BPJS, namun biaya-biaya yang diperlukan selain yang ditanggung oleh BPJS, akan ditanggung oleh Tim KesMas. Selain transportasi dengan helicopter tersebut, juga biaya penginapan dan makan minum keluarga pasien selama berada di Manado dan lainnya." pungkasnya.*

====
Penulis : Rustam Gawa
Editor    : Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini