Satgas Yonarhanud 3/Yby Terima 100 Senpi Rakitan Dari Warga Halut

Sebarkan:

Salah satu warga di Halut saat menyerahkan Senpi rakitan kepada Satgas Yonarhanud 3/Yby. (doc/Satgas)
KAMERA TOBELO - Satuan tugas, (Satgas) Yonarhanud 3/Yby menerima 100 senjata api, (senpi) dari warga setelah melakukan kegiatan komunikasi sosial (komsos) dengan memberikan pemahaman ke masyarakat di Halmahera Utata, Maluku Utara, terkait larangan menyimpan senjata api, (senpi) amunisi dan bahan peledak.

Komandan Satgas Yonarhanud 3/Yby Letkol Arh Achmad Yani, S.E., M.Han dalam keterangan tertulisnya mengatakan, senpi, amunisi dan bahan peledak yang sudah diserahkan kepada Satgas, murni sukarela dari warga karena sadar bahwa menyimpan senpi merupakan pelanggaran hukum.

Dirinya juga menyebutkan, dengan hasil perolehan senjata ini ada yang diberikan oleh warga di kotis dan juga di pos yang tersebar di wilayah itu membuktikan bahwa masyarakat di Halmahera Utara telah sadar dan secara sukarela menyerahkan senjata organik ke petugas.

Sebelum 100 senpi diterimanya pada 24 Juni 2023, pihaknya menerima 4 pucuk senjata rakitan laras panjang dan 1 pucuk laras pendek dari warga desa Togasa, Kecamatan Galela Utara berinisial MS pada Selasa, 23 Mei 2023 yang diserahkan kepada Letda Ckm dr. Emanuel Pratita Kharisma Sakta.

"Dari jajaran SSK III, Rabu, 31 Mei 2023 warga desa Ngajam Kecamatan Loloda Utara, inisial AS menyerahkan 1 pucuk senjata rakitan laras panjang kepada Letda Arh Budi Santoro di Pos Darume. Minggu 11 Juni 2023, warga desa Barataku inisial IJ serahkan 1 pucuk senjata rakitan laras panjang dan 6 butir amunisi kaliber 5,56 mm kepada Praka Budi Nurcahyono," ujar Dansatgas Minggu, 25 Juni 2023.

"Kemudian, Senin 12 Juni 2023, warga desa Ngidiho inisial Sof serahkan 2 pucuk senjata rakitan laras panjang kepada Pratu Aris Abdurrahman Qadafi., pada Kamis 15 Juni 2023 juga, warga desa Salimuli inisial SO menyerahkan 1 pucuk senjata rakitan laras panjang dan 1 pucuk senjata rakitan laras pendek kepada Kopda Bagus Panuntun," sambungnya.

Sementara senjata yang diserahkan di jajaran SSK IV., Selasa, 30 Mei 2023 1 pucuk senjata rakitan laras panjang dari BG warga Desa Kusu Lovra, Kecamatan Kao menyerahkan kepada Praka Rislam dan Pratu M . Saleh., Kamisz 1 Juni 2023, FER dari Desa Dimdim, Kecamatan Kao juga  menyerahkan 1 pucuk senjata rakitan laras pendek, 7 amunisi kaliber.5,56 mm dan 2 amunisi kaliber. 9 mm  kepada Pratu Adnan Yunus Asril Mbaga.

Selanjuynya, Sabtu, 3 Juni 2023 warga desa Bangkit inisial MD Kecamatan Jailolo Selatan menyerahkan 1 pucuk senjata rakitan laras pendek kepada Pratu Muhly Sandy. Selasa, 6 Juni 2023, Pos Kao menerima 1 pucuk senjata rakitan laras panjang dari YKB warga Desa Gol-gol, Kecamatan Kao kepada Kopda Didik Santoso, dan Selasa 13 Juni 2023, Pos Kao juga menerima 1 pucuk senjata rakitan laras panjang dari IC warga Desa Makaeling, Kecamatan Kao Teluk kepada Koptu Anton Supratikno.

Hingga Sabtu, 24 Juni 2023, senjata yang diserahkan warga kepada Satgas Pamrahwan Maluku Utara Yonarhanud 3/Yby sebanyak 100 pucuk dengan rincian senjata rakitan 95 pucuk, senjata organik 5 pucuk,  amunisi campuran 313 butir serta bahan peledak 14 buah yang terdiri dari granat 10 buah dan ranjau 4 buah.*

====
Penulis : Tim.
Editor    : Rustam Gawa.
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini