Warga Obi Selatan Minta Pemda Halsel Seriusi Problem Transportasi Laut

Sebarkan:
Ketua Ikatan Canga Muda atau ICM Halmahera Selatan, Brayen Lajame. (Foto: Atim)
HALSEL -  Kebutuhan transportasi kapal penumpang sangat penting bagi masyarakat di pulau Obi, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Provinsi Maluku Utara (Malut) khusunya  di Kecamatan Obi Selatan.

Transportasi laut ini sudah menjadi primadona sejak lama. Kapal penumpang juga merupakan penunjang aktivitas mobilisasi masyarakat dari pulau Obi ke Bacan dan Ternate sebagai produksi sosial, serta barang dan jasa.

Ketua Ikatan Canga Muda atau ICM  Halmahera Selatan, Brayen Lajame, berharap permasalahan tersebut harus menjadi perhatian serius pemerintah daerah dalam melihat kebutuhan masyarakat. Itu karena memiliki hak yang sama dengan kecamatan lain di wilayah pulau Obi.

kepada Pemda Halmahera Selatan Mahasiswa S2 Administrasi Publik UNAS Jakarta itu meminta

"Kami meminta agar kapal penumpang kembali beroperasi dua sekaligus dalam setiap pelayaran di Obi Selatan, agar tidak terjadi penumpukan dan masyarakat bisa mendapat fasilitas pelayanan transportasi yang layak," pinta Mahasiswa S2 Administrasi Publik UNAS Jakarta ini, Selasa, 26 Maret 2024.

Pemuda Obi Selatan ini menambahkan, problem semacam ini pernah terjadi di jaman Bupati mediang Usman Sidik pada 2022 lalu. Meski begitu kata dia, Bupati dengan tegas memanggil pengusaha jasa transportasi laut yang beroperasi di wilayah Halsel agar tetap menjawab kebutuhan masyarakat Obi Selatan, dan hasilnya terrealisasi.

"Karena itu apa bila dalam berapa waktu dekat ini pemerintah daerah tidak menindaklanjuti permasalahan pokok warga Obi Selatan ini, maka akan kami buat mosi tidak percaya terhadap pemerintah daerah yang di pimpin Bassam Kasuba," tutupnya.

====
Penulis: Hatim Hasibuan Kailul
Editor   : Rustam Gawa

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini