Tekan Angka Stunting di Kabupaten Sula, Begini Sikap Bupati Fifian

Sebarkan:
Kegiatan Rembuk Stunting Konvergensi, Koordinasi LP/LS. (Kamera/Suhardi)
KAMERA, SANANA - Sebagai upaya penanggulangan permasalahan dalam penurunan angka stunting, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula menyelenggarakan Rembuk Stunting Konvergensi, Koordinasi LP/LS.

Kegiatan yang berlangsung di Istana Daerah (Isda) dibuka langsung oleh Bupati Sula Fifian Adeningsi Mus, Senin, 26 September 2022.

Dalam sambutan Bupati Fifian Adeningsi Mus menyebutkan, persoalan stunting telah menjadi agenda pencapaian nasional, dan Kabupaten Kepulauan Sula menjadi salah satu kabupaten perioritas dari 100 Kabupaten Kota di Indonesia.

"Untuk mendukung pencapaian target nasional, prevelensi stunting di indonesia untuk tahun 2024 sebesar 14 persen, maka pemerintah Provinsi Maluku Utara telah menetapkan kebijakan target pencapaian penurunan stunting untuk tahun 2022 sebesar 20,6 persen, dan tahun 2023 sebesar 17,3 persen," beber Fifian.

Ia bilang, sesuai data FPPGM tahun 2021
Dari Dinas Kesehatan setempat, Kabupaten Kepulauan Sula saat ini prevelensi stuntingnya 11,9 persen. Sementara di tahun 2022 angka  prevalensi stunting meningkat menjadi 12,77 persen dengan tingkat prevelensi stunting yang masih tinggi.

"Dengan tingkat prevelensi stunting masih tinggi, harus diatasi secara sinergis bersama sama oleh berbagai pihak di Kabupaten Kepulauan Sula," ungkapnya.

"Saya meminta di tingkat desa, bidan desa dan petugas gizi Puskesmas bersama sama dengan kader di masing-masing desa untuk melakukan penelusuran penemuan bayi dan balita yang berpotensi stunting harus secepatnya di tangani bersama sama," pinta Fifian.

Tak hanya itu, Fifian juga meminta para Camat agar memfasilitasi dan mengkoordinasi setiap desa yang ada di daerahnya masing-masing. Kata dia, harus pastikan untuk kegiatan penurunan dan pencegahan stunting di tingkat desa teralokasi dengan dan desa yang ada.

Tambahnya, dirinya menyampaikan terima kasih kepada seluruh komponen masyarakat, perangkat pemerintah daerah dan segenap elemen pemangku kepentingan ikut terlibat menekan angka stanting tersebut.

"Saya sampaikan terima kasih, atas kerja sama dan dukungannya dalam upaya penanggulangan dan pencegahan stunting selama ini," pungkasnya.

====
Penulis : Suhardi Umagapi
Editor    : Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini