Ormas Oi Ternate Gandeng Sejumlah Organisasi dan Komunitas Gelar Aksi Pungut Sampah

Sebarkan:
Aksi pungut sampah dilingkungan Benteng Orange Ternate (Ramlan/Kamera)
KAMERA TERNATE - Ormas Oi Kota Ternate, Maluku Utara kembali menggelar aksi pungut sampah. Kegiatan tersebut berpusat di dalam Benteng Oranje, Kelurahan Gamalama, Ternate Tengah, Sabtu 3 September 2022.

Diketahui, aksi pungut sampah itu dalam rangka merayakan hari ulang tahun pendiri Ormas Oi, Iwan Fals atau pemilik nama lengkap Virgiawan Listanto ke-61 tahun.

Kegiatan yang digelar Ormas Oi Ternate, juga berkolaborasi dengan sejumlah organisasi maupun komunitas, di antaranya World Cleanup Day Indonesia (WCDI) Maluku Utara, Pokdar Kamtibmas Resor Kota Ternate, Gerakan Mahasiswa Pemerhati Sosial (Gamhas) Maluku Utara, Kaum Muda Estuaria, serta petugas kebersihan Kota Ternate.

Puluhan orang ini kemudian memulai melakukan aksi pungut sampah dari depan kantor Dinas Kebudayaan Ternate hingga sejumlah titik di dalam Benteng Oranje.

"Alhamdulillah aksi pungut sampah untuk merayakan hari ulang tahun Iwan Fals hari ini tuntas digelar. Kita (Ormas Oi) bersama teman-teman dari sejumlah organisasi dan komunitas berhasil memungut sampah sebanyak 5 kantong berukuran besar," ungkap M. Isbandi, Ketua BPK Ormas Oi Ternate, disela-sela kegiatan pungut sampah.

Ormas Oi bersama Organisasi dan Komunitas 
M. Isbandi bilang, sampah yang berhasil dipungut tersebut kebanyakan merupakan sampah plastik.

"Kebanyakan itu kantong plastik, botol minuman berbagai jenis, gelas air mineral, sedotan plastik. Ada juga kaleng lem aibon serta tusuk pentolan bakso. Ini rupanya dibawa oleh pengunjung," katanya.

Ia berharap aksi pungut sampah terus berlanjut dan ada kolaborasi yang lebih besar. Kemudian, ada kesadaran bersama dari semua pihak.

"Kita ucapkan terima kasih banyak kepada organisasi dan komunitas yang terlibat. Semoga kegiatan semacam ini terus berlanjut, karena kesadaran adalah pelaksanaan dari kata-kata. Mari kita berbuat untuk Kota Ternate yang lebih baik," pungkasnya.

====
Penulis : Tim
Editor    : Redaksi
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini