Sejumlah Penyandang Disabilitas di Tidore Dapat Bantuan Fasilitas dari Kemensos

Sebarkan:
Salah satu anak penyandang Disabilatas mendapat bantuan Kursi Roda. (Kamera/Aidar)
KAMERA TIDORE - Wali Kota Tidore Capt. Ali Ibrahim didamping Sekretaris Daerah (Sekda) Ismail Dukomalamo menyerahkan sejumlah bantuan kepada para penyadang Disabilitas di Tidore Kepulauan.

Pernyerahan bantuan itu dalam rangka memperingati hari Disabilitas Internasional atau Day of People with Disabilities.

Bantuan yang diserahkan berupa 3 unit motor roda tiga bagi yang memiliki usaha, 5 unit kursi roda elektrik untuk disabilitas dan lansia. Penyerahan ini berlangsung di halaman kantor Wali Kota, usai apel gabungan, Senin 5 Desember 2022.

Wali Kota Tidore Kepulauan, Capt H. Ali Ibrahim dalam mengatakan, bantuan tersebut merupakan upaya Pemerintah Kota Tidore Kepulauan meaui Dinas Sosial, yang sebelumnya diusulan kepada Kementerian Sosial (Kemensos) melalui Balai Wasana Bahagia Ternate.

“Semoga dengan bantuan ini, dapat membantu aktivitas penyandang Disabilitas dan juga lansia, baik yang memiliki usaha, maupun yang masih pelajar atau anak sekolah,” tutur Ali Ibrahim.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kota Tidore Kepulauan Umar Zen menambahkan, bantuan itu diberikan oleh pemerintah pusat untuk Kota Tidore Kepulauan.

“Bantuan ini diberikan oleh pemerintah pusat kepada semua Kabupaten/Kota, namun karena kuota bantuannya terbatas, jadi tergantung Kabupaten/Kota mana yang mampu menghubungi melalui balai yang ada, kita akan terus melakukan koordinasi dengan balai Wasana Bahagia di Ternate, mudah-mudahan di tahun mendatang Kota Tidore bisa mendapat bantuan seperti ini lagi, sesuai dengan kebutuhan penyandang disabilitas di Kota Tidore Kepulauan,” harap Umar.
Ia berharap dengan bantuan tersebut, anak-anak penyandang disabilitas dan lansia dapat terbantu atau meringankan aktivitas seharian mereka.

"Juga untuk motor roda tiga, semoga dapat membantu pengembangan, dan meningkatkan usaha para penyandang disabilitas penerima bantuan masing-masing,"

"Selain 3 unit motor roda tiga, dan bantuan penyandang disabilitas dan lansia berupa 5 unit kursi roda elektrik. Selain itu, balai juga memebrikan bantuan berupa, 3 buah alat pendengar, 3 buah tongkat elektrik dan membantu pembiayaan operasi katarak kepada 1 wanita rawan social ekonomi," tandasnya.

Perlu diketahui, penyandang Disabilitas yang mendapat bantuan motor roda tiga yaitu, Agus Salim dari Kelurahan Indonesiana, Hartini Rasyid dari Kelurahan Indonesiana, dan Ismail Hasan dari Kelurahan Jaya. Penyandang disabilitas dan lansia yang mendapat kursi roda elektrik yaitu, Habiba Haji (Lansia) dari Kelurahan Tuguiha, Luhu Efendi (Lansia) dari Kelurahan Maitara Selatan, Hi. Saban Safar (Lansia) dari Kelurahan Mafututu, Nur Yusuf (Disabilitas Berat) dari Kelurahan Soasio dan Meiriana Salim (Disabilitas Fisik) Siswa SDLB dari Kelurahan Tomalou.

====
Penulis : Aidar Salasa
Editor    : Rustam Gawa

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini