Sekda Tidore Resmi Buka Kegiatan Pelatihan DEA

Sebarkan:
Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan, Ismail Dukomalamo saat menyampaikan sambutan. (Kamera/Aidar)
KAMERA TIDORE - Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BBPSDMP Kominfo) Makassar menggelar Pelatihan Digital Entrepreunership Academy (DEA), Jum’at 2 Mei 2023.

Kegiatan dengan tema “Memulai Berwirausaha Secara Digital bagi UMKM di Kota Tidore Kepulauan" itu dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan, Ismail Dukomalamo di Aula Sultan Nuku Kantor Walikota.

Dalam sambutannya, Ismail menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika, khususnya Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Kominfo Makassar yang telah memilih Kota Tidore Kepulauan sebagai salah satu tempat penyelenggaraan Pelatihan Digital Entrepreunership Academy sebagaimana yang berlangsung mulai hari ini.

“Pemerintah Daerah dan masyarakat Kota Tidore Kepulauan sekali lagi mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Kominfo melalui Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Kominfo Makassar yang telah membantu Pemerintah Kota Kepulauan dalam mewujudkan UMKM yang digital dan memiliki daya saing bisnis melalui Pelatihan Digital Entrepreunership Academy,” ujar Ismail.

Ismail mengatakan kegiatan ini adalah salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas UMKM agar siap dan mampu menghadapi persaingan ekonomi dan tantangan pasca pandemik. Kementerian Kominfo telah memberikan kesempatan yang sama kepada pelaku UMKM yang ada di Kota Tidore Kepulauan untuk mendapatkan pelatihan bagaimana memulai berwirausaha secara digital.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara, Tasmil, dalam laporannya mengatakan, kegiatan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) merupakan bagian dari akademi DTS Kementerian Kominfo yang dilaksanakan oleh UPT BBPSDMP Kominfo Makassar di Kota Tidore Kepulauan, terdiri dari  2 tema yakni Kewirausahaan Digital Dasar (KDD) dengan peserta sebanyak 200 orang dan Pemasaran Digital Dasar (PDD) dengan peserta sebanyak 30 orang, peserta akan mendapatkan pendampingan selama sebulan oleh instruktur paska pelatihan.

“Kegiatan DEA ini dilaksanakan secara offline dengan pembagian sebagai berikut; sesi 1 tema Kewirausahaan Digital Dasar (KDD) dan Pemasaran Digital Dasar (PDD)  selama 2 hari dari tanggal 2 s/d 3 Juni 2023, sesi 2 tema Kewirausahaan Digital Dasar (KDD) selama 2 hari dari tanggal 2 Juni s/d 3 Juni 2023,” katanya.

Tasmil menambahkan, Pelatihan DEA ini ditempatkan pada 3 lokasi yakni Kelas A berlokasi di Aula Nuku Kantor Walikota, B Aula Dinas Pendidikan dan C Aula Bapelitbangda, Panitia kegiatan DEA terdiri dari panitia yang berasal dari BBPSDMP Kominfo Makassar dan Panitia Lokal Pemda Tidore Kepulauan.

Pembukaan Pelatihan ini ditutup dengan penyerahan cenderamata dari Wakil Ketua Tim Pengembangan dan SDM Kominfo Makassar kepada Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan.*

====
Penulis : Aidar Salasa
Editor    : Rustam Gawa


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini