Semarak Budaya HUT RI ke-78 di Desa Bukit Durian Resmi Ditutup

Sebarkan:
Kepala Desa Bukit Durian, Fiktor Pareta saat menutup Semarak HUT RI ke 78 Tahun 2023 yang di gagas oleh IPPB. (Kamera/Aidar).
KAMERA TIDORE -  Semarak budaya dan peringatan hari ulang tahun HUT RI ke 78 tahun 2023 yang di gagas oleh IPPB dusun Bukulasa Desa Bukit Durian secara resmi di tutup oleh Kepala Desa Bukit Durian Fiktor Pareta.  Sabtu 19 Agustus 2023.

Kepala Desa Bukit Durian Fiktor Pareta dalam sambutanya menyampaikan, peran generasi muda dalam melestarikan budaya Indonesia sangat penting. Seperti yang disampaikan Presiden Soekarno "Beri saya seribu orang tua dan saya akan mencabut gunung semeru dari akar-akarnya, dan beri saya sepuluh pemuda saya akan guncangkan dunia."

"Dari pernyataan Presiden Soekarno tersebut, kita tahu bahwa pemuda atau generasi muda memainkan peranan yang sangat penting dalam melestarikan nilai-nilai negara," ujarnya.

Fiktor menyebutkan, pentingnya dalam membangun karakter yang baik untuk generasi muda sehingga siap untuk memainkan peranan tersebut. Karakter Nasional dibangun dari karakter lokal,  Indonesia dikenal dengan karakternya yang baik, religius, kepedulian, persatuan, keramahan, toleransi dan kebersamaan.

"Toleransi dan persatuan adalah karakter kunci yang menjadi identitas bangsa di bawah Pancasila. Karakter-karakter ini mampu menyatukan Indonesa dan menjadi identitas Bangsa," sebut Fiktor.

Dirinya juga menuturkan, melalui semarak budaya dan HUT RI ke 78 tahun 2023 yang di selengarakan oleh ikatan pemuda pelajar bukulasa ini merupakan sala satu usaha yang sangat luar biasa.

"IPPB telah melaksankan peran dalam melestarikan budaya indonesi pada umumnya dan khususnya budaya provisi maluku utara pada umumnya," tuturnya.

Pihaknya juga mengaku sangat bangga dengan apa yang dilakukan para pemuda selama beberapa hari kegiatan tersebut berlangsung dan berjalan aman dan lancar.

"Terima kasih kami sampaikan kepada seluruh warga dusun bukulasa yang telah berperan aktif dalam menunjang kelancaran kegiatan ini, terutama para sponsor dan pendukung acara lainnya yang tak dapat saya sebutkan namanya satu persatu, kami berharap kegiatan ini dapat dilakukan terus menerus untuk mencapai tujuan dalam melestarikan budaya kita semua dan dapat membentuk pemuda yang unggul dan berkualitas," pungkasnya.

Diakhir sambutanya, ia mengucapkan selamat kepada para pemenang lomba pentas seni dan budaya semoga prestasi ini dapat di kembang kedepanya.

"Dan yang belum berkesempatan menadapat juara jangan menyerah terus berusaha semoga kedepan dapat meraih hasil yang lebih baik Igi, karena sesungguh yang harus di ambil dari kegiatan ini bukanlah juara dan hadianya tetapi yang diambil dari kegiatan ini adalah makna budaya dan semangat kemerdekaan yang sesungguhnya." tandas mengakhiri.*

====
Penulis : Aidar Salasa.
Editor    : Rustam Gawa.
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini