Distan Malut Gelar Rakor Percepatan Gerakan Pangan Lintas Kabupaten Kota

Sebarkan:
Kepala Dinas Pertanian Provinsi Maluku Utara, Hi. Mukhtar Husen. (Kamera/Yadi)
KAMERA MALUT - Pemerintah Provinsi Maluku Utara melalui Dinas Pertanian (Distan) melaksanakan Rapat Koordinasi  atau Rakor Pencanangan dan Percepatan Gerakan Pangan Lintas Kabupaten Kota Se-Provinsi Maluku Utara di Kota Ternate, Kamis (14/9/23).

Kegiatan  tersebut dihadiri oleh para Kepala Dinas, Kepala Bidang Pangan Hortikultura, dan Kepala Bidang Penyuluhan Pertanian dari 10 Kabupaten Kota Se-Provinsi Maluku Utara.

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Maluku Utara, Hi. Muhtar Husen menyampaikan, tujuan dilaksanakan Rakor gerakan tanam komoditas pertanian khususnya tanaman pangan dan Hortikultura ini dalam rangka mendukung upaya konkrit ketersediaan pangan melalui gerakan percepatan tanam di daerah Maluku Utara yang dilakukan di 10 Kabupaten Kota.

Dijelaskan, kegiatan pada hari ini merupakan tindaklanjut dari arahan Bapak Presiden dan Bapak Gubernur agar segera mengambil langkah-langkah dalam rangka upaya antisipasi dan adaptasi El Nino di sektor pertanian.

"Diantaranya, percepatan tanaman untuk mengejar sisa hujan, peningkatan ketersediaan alsintan untuk percepatan tanam, penyediaan benih yang tahan kekeringan dan OPT, program 1000 h adaptasi dan mitigasi dampak El Nino, serta menindaklanjuti Surat Edaran Gubernur Maluku Utara Nomor : 314/KPTS/MU/2022. Perihal Gerakan Maluku Utara Menanam," sebutnya dalam sambutannya.

Rapat koordinasi ini diharapkan dapat membangun kesepakatan penting dan riil, sehingga dapat mendorong tingkat akuntabilitas kinerja instansi, baik teknis maupun administrasi  (manajemen). Beberapa kesepakatan penting antara lain, pertama, sasaran luas tanam, panen dan produktivitas serta skenario produksi 2023. Kedua, kesepakatan jadwal tanam tahun 2023. Dan yang ketiga, sistem penyediaan benih.

"Hasil kesepakatan ini akan diinformasikan secara berjenjang kepada pimpinan tertinggi Kementerian Pertanian dan Gubernur, Bupati, serta Wali Kota. Kesepakatan ini akan kami bahas sebagai masukan bagi penajaman strategi dan kebijakan yang ada. Mengalirnya rapat koordinasi ini secara baik menandakan bahwa kita semua sedang mengalami perubahan yang nyata. Dan yang terpenting adalah bekerja keras, tulus, dan ikhlas untuk mencapai suatu tujuan," jelas Muhtar.

====
Penulis: Mulyadi Ismail
Editor   : Rustam Gawa

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini