Wujudkan Zero Accident, PLN UPK Maluku Gelar Sertifikasi Ahli K3 Umum

Sebarkan:
Kegiatan sertifikasi Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Umum. (Humas PLN) 
AMBON – PLN Unit Pelaksana Pembangkitan (UPK) Maluku menggelar sertifikasi Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Umum selama dua pekan bagi petugas bagian Operasi dan Pelayanan (Ophar) dan Operasi Sistem Transmisi (Opsistrans).

Pelatihan yang digelar di kantor UPK Maluku itu diikuti petugas bagian Ophar dan Opsistran dari Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Poka, Kayu Merah, Langgur, Kairatu, Namlea, dan Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU), Awat Tuhuloula menuturkan, digelarnya sertifikasi Ahli K3 Umum ini merupakan bagian dari tanggung jawab pihaknya dalam menjaga keselamatan petugas di lapangan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keahlian petugas PLN yang tersebar di wilayah target kerja PLN UIW MMU.

“Saya mengapresiasi para petugas yang terus semangat meningkatkan keahliannya dalam menjalankan tugas-tugas di lapangan. Hal-hal yang membahayakan kesehatan dan keselamatan itu bisa diminimalisir dengan adanya pemahaman para petugasnya. Jadi, apabila K3 dapat dipastikan aman, sudah tentu pelayanan kelistrikan juga akan semakin meningkat, sehingga pelatihan ini akan sangat bermanfaat ke depannya,” tutur Awat, Selasa (20/9/2023).

Melalui sertifikasi Ahli K3 Umum ini, Awat berharap, peserta dapat memahami standar operasional K3 yang berlaku, serta mampu mengidentifikasi, mencegah, dan mengendalikan potensi risiko di tempat kerja.

Perlu diketahui bahwa Pembangkit Listrik merupakan salah satu bagian kegiatan dengan kompleksitas dan faktor-faktor yang menimbulkan risiko yang tinggi bagi keselamatan dan kesehatan pekerjanya, maka Ahli K3 Umum sangat dibutuhkan sebagai tenaga ahli khusus dalam membantu  melakukan pengawasan di tempat kerja serta memperhatikan keamanan dan keselamatan selama proses pekerjaan berlangsung.

Ahli K3 umum memainkan peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan dan keselamatan di lingkungan kerja.

Dengan pengetahuan dan keterampilan mereka, mereka mampu mengidentifikasi, mencegah, dan mengendalikan risiko-risiko yang dapat membahayakan Pekerja sehingga stabilitas pasokan listrik tetap berjalan dengan andal dan aman.

Melalui kebijakan, pelatihan, dan inspeksi yang efektif, Ahli K3 Umum berkontribusi dalam menciptakan tempat kerja yang aman dan sehat bagi semua orang.

“Melalui kegiatan Sertifikasi Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja Umum tersebut diharapkan agar dapat diimplementasikan di lingkungan kerja demi komitmen PT PLN (Persero) UPK Maluku mewujudkan ZERO ACCIDENT dalam meningkatkan pelayanan kelistrikan yang lebih Unggul,” pungkasnya.* (Red)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini