Pekan Depan SD dan SMP di Tidore Laksanakan Ujian Akhir, Orang Tua Bisa Pantau Langsung

Sebarkan:
Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Tidore Kepulauan, Jamil Hadi. (Dar)
TIDORE - Seluruh Sekola Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Tidore Kepulauan bakal melaksanakan ujian akhir pada pekan depan.

Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Tidore Kepulauan, Jamil Hadi, kepada wartawan media ini, di ruang kerjanya, Rabu, 8 Mei 2024.

"Ujian kali ini berbeda dengan tahun 2023, dimana Dinas Pendidikan membuka ruang kepada orang tua wali murid ikut memantau pelaksanaan ujian agar mengetahui langsung nilai masing-masing anak," katanya.

Jamil mengatakan, kebijakan tersebut merupakan langkah maju dari Dinas Pendidikan Kota Tidore. "Muda-mudahan kedepan lebih baik lagi terkait dengan pelaksana kegiatan yang lain. Jadi untuk pelaksanaan ujian ini untuk SD dengan jumlah peserta sebanyak 1846 sedangkan SMP dengan jumlah peserta sebanyak 1435 siswa," ujarnya.

Ia bilang, pelaksanaan ujian untuk SMP dilaksanakan pada 13 Mei 2024 selama kurang lebih 10 hari. Setelah itu, kata Jamil, seminggu kemudian dilanjutkan dengan SD.

"Ujian ini berbasis komputer baik online mauoun offline. Kami dari Dinas Pendidikan Kota Tidore Kepulauan, sangat mengharapkan dalam pelaksanaan ujian ini ada dukungan dari pihak stakholder dalam hal ini orang tua wali murid dan komite sekolah berjalan sukses," harapnya.

Kepala Seksi Sarana dan Prasarana SMP, Jainal Abidin A. Husain menambahkan, bahwa pemantauan proses ujian akhir sekolah oleh orang tua wali murid  itu di berlakukan melalui aplikasi Control USBK.

"Jadi aplikasi ini di salurkan ke orang tua wali murid, akan itu dalam waktu dekat. Akan tetapi kita masih nenunggu tim pengembang dari pusat, karena servernya ada dipusat. Nanti orang tua wali/murid menginstalnya menggunakan HPnya masing-masing supaya disaat anaknya ujian orang tuanya bisa memantau nilai dari anaknya lewat HP," paparnya.

Jainal menjelaskan,  untuk user dan pasword pada aplikasi USBK itu gunakan dari masing-masing nomor induk siswa nasional (NISN).

"Karena NISN ini dia tidak sama, nanti loginnya pake dorang punya NISN dan kode yang ada di aplikasi tinggal orang tua login dan masuk untuk memnatau proses ujian dari anak-anaknya melalui aplikasi tersebut," tandasnya.

====
Penulis: Aidar Salasa
Editor   : Rustam Gawa

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini