Hadiri Panen Raya Jagung di Desa Oba, Begini Harapan Wakil Wali Kota Tidore

Sebarkan:
Panen raya jagung di desa Oba Tidore (Aidar)
TIDORE - Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan, Muhammad Sinen, menghadiri panen raya tanaman Jagung milik kelompok Teras Tani di Desa Oba, Kecamatan Oba Utara, Sabtu, 20 Agustus 2022. Panen raya tersebut sekaligus dirangkaikan dengan penanaman bibit tanaman jagung.

Muhammad Sinen dalam sambutannya mengatakan, panen raya yang dilakukan itu dihrapkan dapat memotivasi para petani lainnya untuk selalu berupaya meningkatkan hasil produksi pertanian demi meningkatkan kesejahteraan. Baik itu, bagi keluarga maupun masyarakat umumnya di Desa Oba.

"Pemerintah terus mendukung upaya peningkatan produktifitas pertanian, sehingga kedepan, saya ingin para petani tidak sulit memasarkan hasil pertaniannya. Dengan begitu pendapatan petani semakin meningkat sebagaimana visi pemerintah daerah, yaitu terwujudnya masyarakat sejahtera menuju Tidore Jang Foloi,” ujarnya.

Wakil Wali Kota Tidore saat terlibat panen raya (Aidar)
Ia mengemukakan, penempatan sektor pertanian adalah salah satu sektor prioritas pembangunan Kota Tidore Kepulauan.

“Itu mengingat cukup besarnya peluang dan potensi sektor ini yang masih dapat dikembangkan dan didayagunakan untuk peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat dan sekaligus pengembangan perekonomian daerah," Kata Muhammad Sinen 

Wakil Walikota dua periode ini juga menegaskan, bahwa Tidak ada hasil sumber daya alam yang bisa di banggakan di Kota Tidore selain dari sektor pertanian dan perikanan, potensi ini menurutnya, adalah salah satu pengahasilan terbesar Pendapatan Asli Daerah (PAD) maupun penambahahan pendapatan masyarakat.
 
“Apa yang disampaikan Plt Kadis pertanian bahwa hasil dari petani yang pasarkan ke perusahan Iwip itu sangat memberikan pendapatan yang baik oleh para petani, namun kedepan dinas terkait harus berinovasi untuk bagaimana orang-orang dapat mengenal bahwa hasil pertanian itu merupakan hasil dari para petani Kota Tidore, dengan brand yang dikenali oleh semua orang," ucapnya.

"Mari kita bekerjasama dan berinovasi untuk lebih memperkenalkan lagi hasil para petani Kota Tidore yang nantinya diekspor atau dipasarkan dimana saja. Upaya pengembangan komunitas unggulan daerah tentunya akan menjadi perhatian serius kita bersama sehingga dapat membuahkan hasil seperti yang kita harapkan, ini juga perlu adanya perhatian serius dari dinas terkait pendampingan kepada para petani sehingga para petani lebih bersemangat lagi dalam menanam," sambungnya.

Muhammad Sinen saat menyampaikan sambuatan (Aidar)
Ibrahim, Plt Dinas Pertanian Kota Tidore Kepulauan dalam laporannya mengatakan, luas lahan tanaman jagung  yang di panen itu 1,5 hektar. Penanaman selanjutnya menurut dia, akan dilakukan diatas lahan seluas 2,5 Hektar. Luasan ini sesuai dengan luas total lahan BBU.

“Karena itu sektor pertanian kedepan diharapkan bisa dilakukan secara terpadu, yakni,satu sub sektor mendukung sub sektor yang lain,” Kata Ibrahim 

Selain itu Ibrahim bilang, focus yang lainnya kedepan adalah menjadikan sub sektor pangan khususnya komoditi jagung dalam mendukung sub sektor pertanian. Itu karena menurutnya wilayah Kota Tidore khususnya kawasan Oba, merupakan kawasan yg sangat strategis sebagai penyuplai pangan ke daerah dan kawasan lingkar tambang.

“Sehingga itu untuk mewujudkan kebijakan tersebut, kami akan terus menyiapkan berbagai infrastruktur guna menunjang aktivitas para petani di kawasan pengembangan pertanian terpadu, seperti jalan usaha tani, irigasi tanah dangkal, irigasi tersier, serta embung. Dan yang lebih penting adalah penyediaan sarana produksi berupa pupuk, benih, dan obat-obatan,” tandasnya.

Perlu diketahui, dalam agenda panen raya itu, Muhammad Sinen juga melakukan percobaan mesin pemipil jagung sekaligus melakukan penanaman jagung secara simbolis. Kagiatan ini juga dihadiri para Pimpinan OPD, Camat Oba Utara, Kapolsek Oba Utara, Kepala Desa se-Oba Utara, Kelompok Tani (Poktan) Kecamatan Oba Utara, Oba Tengah, dan Para petani. *

====
Penulis : Aidar Salasa
Editor    : Redaksi
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini