Janji M. Tauhid untuk Masa Depan Generasi "Ternate Andalan" Terwujud

Sebarkan:
Sergio Pinang saat ditemui Wali Kota Ternate M. Taudid Seleman di SMP Islam Ternate (Istimewa)
TERNATE - Sergio Pinang akhirnya bersekolah lagi. Gerenasi Ternate Andalan ini adalah salah satu dari sekian anak putus sekolah di Tenate, Maluku Utara.

Dia di sekolahkan kembali oleh Wali Kota Ternate M. Tauhid Soleman, di SMP Islam Ternate, di Kelurahan Ngidi, Kecamatan Ternate Tengah, Selasa, 23 Agustus 2022.

Sebelumnya, Sergio Pinang dan salah satu temanya dijanjikan Wali Kota Ternate untuk di sekolahkan kembali itu, saat peringatan Hari Anak Nasional di Benteng Oranje, Selasa, 2 Agustus lalu.

M. Tauhid Soleman kepada awak media mengatakan, sebelum Sergio melanjutkan sekolah-nya, ia terlebih dahulu mengikuti asesmen untuk melengkapi persyaratan yang diminta oleh sekolah.

Sebab kata dia, melanjutkan anak putus sekolah harus melibatkan semua unsur, seperti Dinas Pendidikan, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak, Dinas Sosial, serta Dinas Kepemdudukan dan Catatan Sipil.

“Dari unsur ini akan dilakukan pertemuan untuk di asesmen, terkait dengan kekurangan yang dimiliki. Secara teknis kita serahkan kepada Kepala Dinas Pendidikan,” ucapnya.

Wali Kota Ternate saat menyembangi Sergio Pinang di ruang kelasnya (Istimewa)
Sementara untuk anak-anak putus sekolah, M. Tauhid memerintahkan Pemerintah Kelurahan dan Kecamatan segera melakukan identifikasi. "Karena masih banyak anak-anak putus sekolah yang belum beruntung melanjutkan sekolah-nya," ujarnya.

“Olehnya itu, saya menyampaikan melalui media ini, sehingga pihak Kecamatan dan Kelurahan segera bergerak guna memastikan apakah masih ada yang belum beruntung melanjutkan sekolah,” sambungnya.

Ia menyatakan, Pemerintah wajib menyekolahkan anak putus sekolah sesuai perintah Undang-Undang. Sebagaimana dijelaskan dalam Pasal 31 ayat 1 dan 2 UUD 1945.

“Anak-anak harus sekolah, itu wajib bagi seluruh warga negara,” tandasnya.

Penulis : Tim
Editor    : Redaksi
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini