Prodi PGSD Unkahir Sukses Gelar Olimpiade Sains Se-Kota Ternate Tingkat SD

Sebarkan:
Para peserta terbaik bersama bersama panitia. (Kamera/Aefles)
KAMERA TERNATE - Sebanyak 100 peserta mengikuti lomba Olimpiade Sains yang digelar oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Khairun (Unkhair) Kota Ternate, Maluku Utara.

Para peserta ini terdiri dari siswa kelas lima dan enam dari 19 sekolah SD/MI Se-Kota Ternate. Setiap sekolah masing-masing didampingi satu orang guru.

Kegiatan ini di laksanakan selama dua hari di mulai sejak 13-14 Desember 2022. Hari pertama pembukaan dan dilanjutkan dengan babak pengisihan menggunakan tiga ruang kelas dan setiap kelas berisi sebanyak  33 peserta dan menyelesaikan soal sebanyak 50 dalam waktu 120 menit.

“Perkembangan ilmu dan  teknologi  telah  membawa  perubahan dihampir semua aspek kehidupan manusia. Berbagai permasalahan yang muncul  bisa diselesaikan dengan pedekatan ilmu pengetahuan dan teknologi atau sains,” ujar  Ketua Panita (Ketupat) Eko Purnomo kepada wartawan pada Rabu, 14 Desember 2022, saat ditemui.

Eko mengatakan olimpiade itu adalah ajang dalam bidang sains bagi para peserta didik di Maluku Utara, khususnya di Kota Ternate. Kata dia, hal itu juga  merupakan salah satu wadah strategis untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran matematika dan IPA sehingga peserta didik menjadi lebih kreatif dan inovatif.

“Diharapkan dengan kegitan ini bisa membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, sistematis, analitis, kritis, dan kreatif. Dan tujuan ini untuk menumbuhkan budaya kompetitif yang sehat di kalangan siswa agar meningkatkan motivasi belajar serta intelektual siswa. Sembari memberikan motivasi bagi siswa siswi serta masyarakat agar lebih meningkatkan pemahaman tantang ilmu sains serta implementasinya,” jelas Eko
Para peserta terbaik
Tidak hanya itu,  Eko juga bilang pihakn sangat menyadari bahwa sarana dan prasarana yang sangat terbatas, namun antusias peserta sangat tinggi.

“Ada 11 peserta terpilih siswa  terbaik yang masuk pada babak final itu perwakilan dari 9 sekolah. Dari hasil, nilai tertinggi diperoleh 3 siswa dan mendapatkan juara I, II, dan III. Ada juga siswa harapan I, II, dan III," terangnya Eko.

Ia mengatajan, untuk siswa juara I, II, dan III mendapatkan piala dan bonus dari sponsor PT. Halut Indo Perkasa dan juga CV. Halmahera Rimba Energi.

"Harapan kami di program studi ini, semoga kegiatan ini bisa berlanjut pada tahun berikut dengan melibatkan peserta  yang lebih banyak lagi.  Tidak hanya lingkup Kota Ternate, namun sampai ke tingkat provinsi Maluku Utara, sehingga kita bisa mengetahui talenta talenta sains sejak dini dari siswa sekolah dasar yang ada di Maluku Utara," tandasnya.

Hadir dalam kegiatan Wakil Dekan I FKIP Unkhair, Ketua Prodi PGSD Dr. Ridwan Jusuf S.pd. M.,Pd, serta seluruh para dosen PGSD dan Guru SD/MI Se-Kota Ternate.

====
Penulis : Arfles Rajalahu
Editor    : Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini