Menghubungkan Jalan Lingkar Halmahera, PUPR Malut Terus Genjot Pembangunan Jalan dan Jembatan

Sebarkan:
Pekerjaan pembangunan jalan dan jembatan ruas  Gane Luar-Ranga Rangka. (Kamera: PUPR Malut)
KAMERA MALUT - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang atau PUPR Maluku Utara terus menggenjot pembangunan jalan dan jembatan. Langka PUPR ini sebagai pemrnuhan janji Gubernur Maluku Utara KH. Abdul Gani Kasuba dalam menghubungkan jalan lingkar Halmahera.

Hal tersebut dikemukakan oleh Kepala Dinas PUPR Maluku Utara Saifuddin Djuba kepada awak media, Kamis, 16 Februari 2023.

Ia menyatakan, saat ini pemerintah provinsi Maluku Utara menggelontorkan anggaran ratusan miliar untuk pembangunan jalan dan jembatan tersebut, dengan skema penganggaran Multiyears.

“Jadi terdapat 21 paket proyek pembangunan jalan dan jembatan yang dibangun menggunakan skema kontrak tahun jamak atau multiyears). Di mana, persiapan pelaksanaannya sudah berjalan,” ujar Saifuddin.

Mantan Pj Bupati Halmahera Utara itu mengaku, salah satu proyek Multiyears yang saat ini sedang dikerjakan itu adalah pembangunan jalan dan jembatan ruas Gane Luar-Ranga Ranga di Kabupaten Halmahera Selatan.

”Alhamdulillah progres pekerjaan mulai jalan, meskipun ini proyek Multiyears sampai 2024 namun ditargetkan 2023 ini, masyarakat sudah nikmati,” bebernya.

Saifuddin bialang, progres pekerjaan saat ini untuk ruas Gane Luar-Ranga Ranga progresnya (sirtu) 2 kilometer lebih, selain itu, ada tiga ruas jalan dan jembatan di wilayah Gane, Halmahera Selatan, yang sementara dikerjakan oleh Dinas PUPR Maluku Utara. Di antaranya, ruas Gane Luar-Ranga Ranga, Saketa-Gane Dalam, dan Matuting-Ranga Ranga.

“Jadi bukan hanya jalan saja namun ada beberapa jembatan juga dibangun di di beberapa ruas jalan tersebut,” katanga.

Saifuddin menjelaskan,  jika pembangunan jalan itu sudah tuntas, maka akses transportasi masyarakat akan lancar bahkan memangkas jarak waktu yang ditempuh masyarakat.

"Jika beberapa ruas jalan di wilayah Gani tuntas maka akses transportasi masyarakat ke ibu kota Sofifi mudah diakses dan cepat,” katanya.

“Wilayah Gane Luar misalnya dahulu daerah ini sangat terisolir karena tidak tersentuh pembangunan jalan dan jembatan. Kami berharap agar pembangunan berjalan lancar dan dapat dinikmati masyarakat,” sambungnya.*

====
Penulis : Tim
Editor    : Irawan A. Lila

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini