Wapres RI Berlayar dari Ternate ke Tidore Gunakan KRI Dorang-874

Sebarkan:
Wapres Ma'ruf Amin saat tida di Tidore. (Kamera/Aidar)
KAMERA TIDORE - Memasuki hari kedua rangkaian kunjungan kerjanya di Bumi Moloku Kie Raha, Wakil Presiden (Wapres) K. H. Ma’ruf Amin didampingi Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin beserta rombongan terbatas, Kamis 11 Mei 2023 pagi tadi berlayar menggunakan KRI Dorang-874 dari Ternate menuju Kota Tidore Kepulauan.

Wapres RI diketahui tiba di Pelabuhan Ahmad Yani Ternate pada pukul 09:25 WIT  disambut oleh Panglima Komando Armada III Laksamana Muda Agus Hariadi, Danlanal Ternate Kolonel Marinir Ridwan Azis, dan Komandan KRI Dorang Mayor Laut (P) Ardita Yudha Prawira.

Kemudian dirangkaian prosesi jajar kehormatan angkatan laut, pelepasan jangkar dilakukan sebagai penanda persiapan kapal siap berlayar.

Wali Kota Tidore. Capt. Ali Ibrahim saat menyambut Wapres Ma'ruf Amin di Tidore. 
Setelah menempuh perjalanan selama 40 menit, Wapres tiba di Pelabuhan Trikora Tidore disambut oleh Wali Kota Tidore Kepulauan Ali Ibrahim beserta Ibu Safia Ali Ibrahim dan Plt. Ketua DPRD Kota Tidore Kepulauan Mochtar Djumati. Kedatangan Wapres di Kota Tidore Kepulauan disambut dengan adat Joko Hale atau Injak Tanah.

Tradisi adat Joko Hale atau Injak tanah ini merupakan penyambutan bagi tamu kehormatan yang baru menginjakkan kaki di Tidore oleh Bobato Adat Kesultanan Tidore. Joko Hale berasal dari bahasa Tidore, yaitu Joko berarti menginjak dan Hale artinya tanah.

Setibanya di Tidore, Wapres menuju Kantor Wali Kota Tidore Kepulauan, untuk menghadiri seminar nasional melacak jalur peradaban rempah dunia. Selanjutnya, Wapres juga akan menerima penganugerahan gelar adat dari Kesultanan Tidore di Kedaton Kesultanan Tidore.

Usai rangkaian kegiatan di Tidore, Wapres dijadwalkan kembali berlayar menuju Ternate menggunakan KRI Dorang-874 untuk melanjutkan agenda kunjungan kerja.*

====
Penulis : Aidar Salasa
Editor    : Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini