Pimpin Upacara Harla Pancasila, Walikota Tidore Ajak Masyatakat Jaga Persatuaan

Sebarkan:
Walikota Tidore Kepuauan, Capt H. Ali Ibrahim saat memimpin pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila. (Kamera/Aidar)
KAMERA TIDORE - Walikota Tidore Kepuauan, Capt H. Ali Ibrahim memimpin pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang berlangsung di Halaman Kantor Walikota Tidore, Kamis 1 Juni 2023

Dalam amanatnya, Walikota Tidore Kepulauan mengatakan, Pancasila merupakan alat pemersatu bangsa, dengan lahirnya lima sila tersebut, Pancasila dapat menyatukan masyarakat dengan segala perbedaan yang ada.

Pengamalan nilai-nilai Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kepada Tanah Air, sehingga dapat membangun bangsa dan negara yang lebih baik. Nilai-nilai Pancasila dapat diamalkan dalam bentuk sederhana, seperti saling menghargai, bekerja sama, dan saling menghormati.

“Untuk menghormati jasa pendiri bangsa sekaligus meneguhkan komitmen terhadap ideologi negara itulah kita memperingati hari kelahiran Pancasila sebagai salah satu kebanggaan Nasional. Dengan merayakan hari kelahiran Pancasila, kita bangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik,” ujar Ali Ibrahim.

Ali Ibrahim menyebut, Indonesia adalah kita dan Pancasila adalah rumah bersama. Untuk itu diperlukan kesadaran dan pemahaman untuk saling menghormati, saling bekerjasama, bergotong royong dalam menyelesaikan permasalahan yang ada. Kondisi demikian dapat berkembang melalui budaya politik yang demokratis, budaya politik yang dapat menumbuhkan dan merawat harapan.

“Melalui peringatan hari kelahiran Pancasila tahun 2023, kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan bersama,” Imbuh Ali Ibrahim.

Bertindak selaku Pembaca Teks Undang-Undang Dasar 1945, Ketua DPRD Kota Tidore Kepulauan; Abdurrahman Arsyad, Pembaca Doa, Kepala Penyelenggara Zakat dan Wakaf; H. Anwar Jumati, Perwira Upacara, Letnan Dua; Inf. Fardi Ruslan, Komandan Upacara, Inspektur Polisi Satu; Sofyan Torid, Pembawa Acara dari Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan.

Pengibar bendera dari Purna Paskibraka Kota Tidore Kepulauan, Paduan Suara dari SMA Negeri 3 Kota Tidore Kepulauan, Korsik dari Madrasah Aliyah Negeri 2 Mareku. Sementara kesatuan upacara terdiri dari; TNI/Polri, Bapas Kelas II Tidore, Rutan Kelas II B Soasio, KUPP Soasio, Satpol PP, KORPRI, Pramuka dan Siswa.

Turut hadir mengikuti upacara ini, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tidore, Ketua I Tim Penggerak Kota Tidore, Forkopimda Kota Tidore, Sekretaris Daerah Kota Tidore bersama Ketua DWP, Anggota DPRD Kota Tidore, Staf Ahli Walikota, Para Asisten Sekda, Pimpinan OPD, Kepala Kantor Kementerian Agama, Pejabat TNI dan Polri, Pimpinan Instansi Vertikal, BUMN/BUMD, dan Para Camat se Kota Tidore Kepulauan.*

====
Penulis : Aidar Salasa
Editor    : Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini