Dinkes Malut Gelar ToT Peningkatan Kapasitas, Begini Harapan Riskal Muslim

Sebarkan:
Kepala Seksi Promosi Dinkes Malut Riskal Muslim. (Kamera/Adi).
 
KAMERA TERNATE - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Maluku Utara, (Malut) menggelar Training of Trainer atau ToT bertajuk upaya promotif dan preventif kesehatan jiwa di Kota Ternate. Rabu, 25 Oktober 2023. 

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka untuk meningkatkan kapasitas para Kepala Seksi penanggungjawab program Kesehatan, Kepala Seksi Kesehatan jiwa, dan penanggungjawab pogram jiwa sebanyak 30 orang perserta dari 10 Kabupaten Kota. 

Kepala Seksi atau Kasi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinkes Provinsi Maluku Utara, Riskal Muslim saat dikonfirmasi menjelaskan, ToT bidang kesehatan ini baru pertama kali pihaknya melaksanakan di Maluku Utara. 

"ToT ini dalam rangka untuk meningkatkan kapasitas petugas kami di lapangan di 10 Kabupaten Kota dengan memberikan pengetahuan dan keterampilan terkait dengan Promotif dn Preventif Kesehatan Jiwa," ujar Riskal kepada wartawan di Hotel Surya Pagi. 

Kompetensi yang diajarkan atau diberikan lewat ToT ini pertama,  tentang bagaimana melakukan sekrening kesehatan jiwa. Kedua, bagaimana melakukan peningkatan edukasi kepada masyarakat. Ketiga, melakukan advokasi kepada stekholder di daerah hingga tingkat desa untuk bersama-sama mengatasi masalah kesehatan jiwa yang ada di lingkungan masyarakat. 

Keempat, kemitraan, bagaimana membangun kemitraan atau kerjasama dengan stekholder sebanyak mungkin untuk bersama-sama melakukan penanganan masalah kesehatan jiwa di Maluku Utara. 

"Kegiatan ini kami laksanakan selama empat hari mulai dari tanggal 22 hingga 25 Oktober 2023.Kami berharap selesai dari kegiatan ini dan setelah mereka kembali ke daerah masing -masing statusnya sudah sebagai fasilitator," sebut Riskal. 

Dikatakan, jadi nanti mereka punya tanggung jawab untuk melakukan pelatihan-pelatihan atau peningkatan kapasitas kepada Puskesmas yang ada di wilayah kerjanya tentang bagaimana Promotif dan Preventif Kesehatan Jiwa.

====
Penulis : Mulyadi Ismail.
Editor    : Rustam Gawa.

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini