Dishub Halbar Pusing Tangani Tarif Speedboat yang Sering Naik

Sebarkan:
Sekretaris Dishub Halbar, Musa Momami. (Kamera/Arfles).
KAMERA HALBAR - Dinas Perhubungan Halmahera Barat, Maluku Utara (Malut) dikabarkan 'pusing' menertibkan tarif speedboat Jailolo-Ternate yang sering naik, tarif speedboat yang ditetapkan Rp 75 ribu rupiah berdasarkan SK Gubernur itu naik Rp 100 ribu rupiah.Hal itu diberlakukan saat cuaca buruk.

"Memang sudah ulang-ulang kami buat penertiban. Tetapi tiket Rp 100 itu jadi salah satu hal yang agak sulit kami hilangkan, karena kesepakatan penumpang dengan pihak speedboat," ujar Sekretaris Dishub Musa Momami kepada wartawan. Selasa 19 Desember 2023.

Musa menyebutkan, hal itu juga karena berbagai alasan penumpang yang disampaikan kepada pihak speedboat, sehingga bisa terjadi kesepakatan antar penumpang dan pihak speedboat.

"Penumpang beri alasan ba cepat, (buru-buru) serta alasan segala macam. Jadi sebenarnya tiket Rp 100 berlaku juga, tapi harusnya di jam kerja itu tidak bisa berlaku," sebut Musa.

"Kalau mau disiplin sebenarnya diluar jam kerja juga tidak bisa berlaku tiket Rp 100," tambahnya.

Dirinya juga mengakui saat cuaca buruk atau bergelombang untuk penumpang dikurangi, tetapi harga tiket dinaikan itu sudah menjadi kesepakatan bersama dengan organda ketika rapat di kantor PP Sabandar

"Biar torang (kami) sudah tegas di Jailolo, tapi kalau di Ternate tidak tegas kan sama saja," cetusnya.

Pihaknya juga menambahkan, hingga saat ini Dishub belum pernah memberikan sangsi terhadap pihak speedboat yang sering menaikkan harga tiket tersebut.

"Kalau di jam kerja hal itu terjadi, kita akan tegur dan marah apalagi kalau kedapatan. Tetapi sangsi secara tegas tahan mereka punya speedboat itu belum pernah. Tapi kami terus berupaya untuk tindak tegas." tandasnya.

====
Penulis : Arfles Rajalahu.
Editor    : Rustam Gawa.


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini