Tingkatkan Kompetensi Operator, Disnaskertrans Maluku Utara Buat Pelatihan

Sebarkan:
Puluhan operator excavator saat mengikuti pelatihan. (Kamera/Adi).
KAMERA TERNATE - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi atau Disnaskertrans Maluku Utara mengadakan  pelatihan berbasis kompetensi sertifikasi surat izin operasional (SIO) operator excavator. 

Kegiatan ini diikuti oleh operator excavator kurang lebih sebanyak 30 orang binaan dari LPK Bina Ilmu Kota Ternate, di Jati Hotel Ternate. Senin, 4 Desember 2023.

Kepala Bidang Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja Disnaskertrans Maluku Utara, Irnawati Dahlan mengatakn, sekarang ini Maluku Utara penuh dengan industri pertambangan. 

"Makannya para operator ini diberikan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi mereka terkait   dengan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di perusahaan," ujarnya.

Menurutnya, alat berat ini resiko kerjanya cukup tinggi sehingga saat mereka terjun ke dunia kerja diberikan dulu pemahamn sertifikasi. 

"Nah, selesai itu baru mereka mendapatkan sertifikasi surat izin operasional dari Kementerian Ketenangankerjaan RI," sebutnya. 

Dirinya juga menambahkan, menjadi pemateri dalam pelatihan ini dari perusahaan jasa  K3, dan Disnaskertrans Provinsi Maluku Utara sebanyak tiga orang. 

"Pelatihan ini nanti ada hasil akhir. Mudah - mudahan para operator ini semuanya lulus. Jadi yang akan menentukan kelulusan adalah para pemateri." tandasnya.

====
Penulis : Mulyadi Ismail.
Editor    : Rustam Gawa.

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini