Wakil Waaops TNI AL Disambut Wali Kota Tidore Kepulauan

Sebarkan:

Walikota Tidore (Kemeja putih) saat menyambut kedatangan Wakil Asisten Operasi Kasal (Waaops) TNI AL Laksamana Prtama TNI Ariyanto Condrowibowo. (Foto: Aidar)
TIDORE - Jelang puncak perhelatan Hari Nusantara 2023, Wakil Asisten Operasi Kasal (Waaops) TNI AL Laksamana Prtama TNI Ariyanto Condrowibowo menyambangi Kota Tidore Kupulauan, Maluku Utara, Sabtu (9/12/23) kemarin.

Kedatangan Ariyanto dilokasi tersebut dengan menumpangi Helikopter TNI Angkatan Laut HS-1304. Setelah tiba ia disambut oleh Wali Kota Tidore Kepulauan Capt. H. Ali Ibrahim, Sekretaris Jenderal Kemenhub Amirollah, Dansatgas Kolonel Laut (P) Hananto, dan Kapolresta Tidore Kepulauan, Kombes (Pol), Yury Nurhidayat meninjau sejumlah lokasi persiapan Hari Nusantara.

Saat meninjau Tactical Floor Game (TFG) di Aula SKB Kelurahan Tomagoba, Ariyanto dalam arahannya menyampaikan, hal paling utama dalam atraksi demo udara adalah Tactical Floor Game (TFG) sebuah pemaparan untuk mensimulasikan pergerakan dari unsur, pelaku atau orang, melalui sebuah peta yang diletakkan di lantai.

“Tujuannya adalah untuk memberikan gambaran tentang pergerakan personel saat pelaksanaan kegiatan. Jadi memang betul-betul kita melakukan simulasi dari waktu per waktu dan bagian per bagian. Kita simulasikan semua kegiatan secara detail, sehingga bisa dilaksanakan sebaik-baiknya, dan dipahami terutama oleh peserta yang akan melaksanakan demo/atraksi tersebut,” ucapnya.

Lebih lanjut, Ariyanto menekankan untuk selalu mengutamakan keamanan selama melangsungkan kegiatan, baik prosedur maupun tindakan di lapangan. Ariyanto juga menyampaikan, untuk dapat memainkan managemen resiko dalam Tactical Floor Game, agar kendala di lapangan nanti dapat teratasi dengan baik oleh personil.

“Harus mengutamakan keamanan. Disini ada TNI AL, TNI AU, Polisi, Bakamla, Basarnas dan masyarakat nelayan terutama. Saya ingin memberikan penekanan saja yang utama adalah kita harus pahami betul, dimengerti untuk kemudian diyakinkan bisa dilaksanakan oleh masing-masing bagian, sesuai dengan apa yang diskenariokan harus di paham betul dan selalu utamakan keamanan,” imbuhnya.

Sementara Capt H. Ali Ibrahim dalam kesempatan tersebut menyampaikan selamat datang Waaops Kasal TNI AL Laksamana Pertama TNI Ariyanto Condrowibowo dan Sekretaris Jenderal Kemenhub, Amirollah bersama rombongan di Kota Tidore Kepulauan.

"Terima kasih telah memberikan berbagai arahan dalam persiapan kegiatan demo udara di Hari Nusantara nanti. Harapannya apa yang dipersiapkan menjelang H-3 ini dapat berjalan lancar dan sukses," harapnya mengakhiri.

Selain persiapan untuk atraksi Demo Udara, TNI Angkatan Laut sendiri akan ikut berpartisipasi pada beberapa item Kegiatan di Hari Nusantara Tahun 2023, seperti Bakti Sosial bersih-bersih pantai, Pameran Expo, dan Pelaksanaan Layanan Kesehatan, semua kegiatan tersebut telah rampung dipersiapkan.

Usai meninjau pelaksanan TFG, Waaops Kasal dan Sekretaris Jenderal Kemenhub Amirollahdi dampingi Wali Kota Tidore melakukan peninjauan di Venue utama pelaksanaan Hari Nusantara Tahun 2023 di Kawasan Wisata Pantai Tugulufa.*

Penulis: Aidar Salasa
Editor   : Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini