PWI Maluku Utara dan BUMN Siap Gelar UKW Gratis di Ternate

Sebarkan:
Flyer pendaftaran UKW oleh PWI Maluku Utara. (Istimewa)
TERNATE - Guna meningkatkan kompetensi wartawan, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Provinsi Maluku Utara, pada bulan Juni 2024 mendatang.

UKW ini dilaksanakan secara gratis dan diperuntukan bagi wartawan muda, madya, dan utama di Provinsi Maluku Utara.

"UKW yang akan dilaksanakan di Maluku Utara gratis, tidak dipungut biaya,"ungkap Ketua PWI Maluku Utara, Asri Fabanyo, usai rapat pembentukan panitia UKW PWI Malut, di Cafe Moluccas, Kelurahan Gamalam, Kecamatan Ternate Tengah Kota Ternate, Senin (06/05/2024).

Menurutnya, dalam rapat tersebut, Djuleha Hi Amin, Ketua Bidang Pendidikan PWI Maluku Utara ditunjuk sebagai Ketua Panitia UKW.

"Pendaftaran dibuka sejak rapat dilaksanakan yakni 07 Mei 2024 dan akan ditutup 16 Mei 2024, dan untuk pendaftaran langsung menghubungi Ketua Panitia UKW PWI Malut,"kata Asri, yang juga Pemimpin Redaksi (Pemred) SKH Aspirasi Malut.

Asri mengaku, UKW Gratis PWI dan BUMN di Malut diperuntukkan bagi wartawan muda, madya, dan utama akan diikuti sebanyak 36 peserta dibagi menjadi 6 kelompok, masing-masing kelompok peserta sebanyak 6 orang.

"Penguji UKW berasal dari PWI Pusat dan masing-masing kelompok terdapat 1 orang penguji,"ungkapnya.

Dia menjelaskan, peserta yang akan mengikuti UKW adalah anggota PWI biasa maupun muda. Bagi wartawan bukan anggota yang mau mengikuti UKW, wajib mengisi formulir pendaftaran disertai surat pernyataan bersedia bergabung dengan PWI.

"Dan wartawan tersebut wajib mematuhi Undang-Undang Pers No. 40 tahun 1999 tentang Pers, dan Kode Etik Jurnalistik (KEJ), Pedoman Pemberitaan Ramah Anak (PPRA), sejarah dan organisasi PWI,"terangnya.

Ditambahkan, UKW yang akan digelar di Malut adalah salah satu upaya untuk membentuk wartawan profesional.

"Kami mengajak teman wartawan di Malut memanfaatkan kesempatan emas ini,"ucapnya.

Sebelumnya, UKW Gratis PWI-BUMN dijadwalkan dilaksanakan di Kabupaten Halmahera Timur Provinsi Maluku Utara. Hanya saja tidak ada kesiapan yang pasti sehingga lokasi pelaksanaan UKW dialihkan di Kota Ternate.* (red)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini