Devid Marthin Nahkodai KNPI Halut, Imanullah: Ini Langkah Awal Penyatuan Pemuda di Malut

Sebarkan:
Devid Marthin saat menerima penyerahan dokumen draf hasil-hasil persidangan (dok:utam/KH)
TOBELO - Devid Marthin resmi terpilih sebagai ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara.

Ia terpilih melalui Musyawarah daerah atau Musda ke V KNPI Halmahera Utara yang berlangsung di gedung Hibualamo Tobelo. Devid Martin terpilih dengan perolehan suara sebanyak 29 sementara rivalnya Stevan Tindage hanya mampu meraup sebanyak 19 suara.

Musda ini diikuti pemilih dari MPI, DPD I Provinsi, DPD II ditambah dengan OKP dan DPK. Total mandat yang masuk sebanyak 46 ditambah MPI 1 orang, DPD Provinsi 1 orang, 2 dari unsur DPD Halmahera Utara.

Ketua DPD KNPI Maluku Utara Imanullah Muhammad, saat disambangi wartawan mengatakan, pemilihan ketua yang gelar itu adalah musda bersama. Karena itu kata dia, hal ini adalah salah satu catatan penting karena juga sebagai penyatuan antara KNPI versinya dengan versi Surahman sebagai DPD KNPI Maluku Utara.

"Jadi Musda KNPI Halmahera Utara ini adalah musda bersama, penggabungan dua versi kemudian menghasilkan ketua terpilih tadi adalah Devid Marthin,"ujarnya, Minggu,(13/02/2022).

Imanullah mengaku, DPD KNPI Maluku Utara menjadikan Musda KNPI di Halmahera Utara itu akan menjadi contoh buat kabupaten kota lain dan dijadikan sebagai langkah awal penyatuan KNPI. Karena itu pihaknya akan membuat konsulidasi ke semua kabupaten kota.

"Sebelumnya, kami melakukan musda di Ternate tapi belum bisa maksimalkan namun terjawab di Halmahera Utara. Langkah berikutnya, kami akan lakukan musda di Halmahera Selatan dan itu konsepnya sama yaotu Musda bersama," katanya.

"Diagendakan tanggal 15, saya sudah tanyakan kepada ketua terpilih dipercepat pelantikan karena kita juga di Provinsi Insya Allah tanggal 5 Maret akan diadakan pelantikan DPP dan sudah konfirmasi soal tanggal, kita memang buru-buru kabupaten kota yang belum pelantikan secepatnya kita laksanakan. SK nya sudah kami kantongi, sisa menunggu pelantikan saja," sambungnya.

Disentil soal sikap dukungan di pemilu 20224 mendatang, Imanullah bilang, dimasa kepemimpinanya saat ini pihaknya lebih cenderung melirik figur-figur berkualitas.

"Tentunya kami berharap tahun 2024 pilkada ini bisa berjalan dengan aman tentunya kami anak muda kami menginginkan figur yang berkualitas"cetusnya.

Sementara Ketua terpilih DPD II KNPI Halmahera Utara Devid Marthin mengemukakan, setelah pelantikan pihaknya bakal fokus mempersatukan KNPI di Halmahera Utara. Itu karena masih ada versi lain yang belum bersatu. Meski begitu kata dia akan dirundingkan bersama.

"Yang paling utama itu adalah  melaksanakan janji kampanye saya soal pengaruh kesetaraan gender, pengaruh kemandirian terus inovatif dan paling pasti itu adalah peletakan batu pertama Gedung pemuda dalam waktu dekat. Paling lama berjalan 3 sampai 6 bulan kedepan, kan katanya KNPI punya tanah di depan GOR itu sudah ada batu dan pasir sehingga kami cobalah kemandirian pemuda kita bangun, saya harap 2024 sudah selesai," tukasnya.

Selain itu lanjut Devin, dalam waktu dekat juga akan dibentuk panitia pelantikan kepengurusan KNPI Halmahera Utara.

"Kami menginginkan agar pelantikan kita nantinya bisa menghadirkan ketua umum kita Haris Pratama di bumi hibualamo," tandasnya(utm/red)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini