Demi Efisiensi Operasional Pelaku Usaha Kelautan, PLN Kembali Tambah ALMA di Ternate

Sebarkan:
PLN bangun Anjungan Listrik Mandiri atau ALMA di Ternate 
TERNATE - PLN terus berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan listrik pelanggan pada sektor perikanan dan kelautan melalui program Electrifying Marine dengan membangun Anjungan Listrik Mandiri atau ALMA. Guna mewujudkan komitmen tersebut, PLN terus menambah jumlah ALMA yang dipasang di berbagai pelabuhan, termasuk di Maluku dan Maluku Utara. 

Kali ini, PLN kembali menambah jumlah ALMA di Provinsi Maluku Utara, tepatnya di Pelabuhan Semut Mangga Dua, Kota Ternate yang secara resmi telah beroperasi. 

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Ternate, Gamal Rizal Kambey menuturkan bahwa penambahan ALMA di Kota Ternate itu sebagai upaya PLN dalam mendukung program Smart dan Green Sea Port di Kota Ternate yang dicanangkan oleh Pemerintah Kota Ternate. 

“Tentu dengan kehadiran ALMA ini kami berharap dapat menjadi sarana pendukung program yang disusun oleh pemerintah Kota Ternate. Selain itu, pembangunan tambahan ALMA ini sebagai bentuk komitmen kami untuk mendukung efisiensi operasional para pelaku usaha transportasi kelautan saat  berlabuh di pelabuhan dengan merubah pola pemakaian berbasis mesin BBM menjadi berbasis listrik," ujar Gamal, Senin, 28 Maret 2022.

Nahkoda KNP 3.24 Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Provinsi Maluku Utara, Rahman Nur Rizal, sebagai salah satu pelaku usaha transportasi kelautan di Ternate memberikan apresiasi atas langkah strategis yang diambil oleh PLN melalui pembangunan ALMA tersebut. 

“Dengan adanya sistem kelistrikan yang dapat mendukung operasional di pelabuhan dapat menjadi alternatif strategi dalam melakukan efisiensi sehingga tentunya dapat meningkatkan ekonomi masyarakat”, ucapnya. 

Hingga saat ini, PLN telah menyediakan 16 unit ALMA di berbagai pelabuhan di Maluku dan Maluku Utara. Diantaranya yaitu 5 unit di Ambon, 4 Unit di Maluku Tengah, 3 Unit di Ternate dan 4 unit di Halmahera Selatan. 

Program pembangunan ALMA ini sendiri lahir sebagai wujud nyata transformasi PLN pilar Customer Focus dan Innovative dalam meningkatkan pelayanan listrik yang lebih mudah, terjangkau dan andal.* (red)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini