Tertib Data Pemilih Berkelanjutan, Desa Fagudu Raih Penghargaan dari KPU

Sebarkan:
Kepala Desa Fagudu Terima Penghargaan dari KPU (Foto: har/KH)
SANANA - Pemerintah Desa Fagudu, Kecamatan Sanana, mendapatkan penghargaan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Sula, sebagai desa terbaik atas dukungan terhadap pemutakhiran data pemilih berkelanjutan.

Penyerahan penghargaan itu diserahkan oleh Ketua KPU Kabupaten Kepulauan Sula Yuni Yunengsih Ayuba, dan di terima langsung Kepala Desa Fagudu, Mhd. Ali Duwila usau forum rapat koordinasi pemutakhiran data pemilih berkelanjutan di kantor KPU, Kamis, 31 Maret 2022.

Kepada Kabarhalmahera.com, Kepala Desa Fagudu, Mhd. Ali Duwila mengatakan, Desa Fagudu menjadi yang terbaik  setelah menertibkan keterangan akta kematian di desa.

"Desa Fagudu punya starategi tersendiri. Ketika ada orang yang meninggal dunia, maka Kepala Dusun, Ketua RT dan RW setempat datangi ke rumah duka, dan mengambil Kartu Keluarga (KK) dan data-data pendukung lainnya, kemudian diserahkan lagi ke kantor desa dan di isi lagi  ke dalam fom kematian, dan di foto dan dikirim ke salah satu group whatsapp yang namanya Pencatatan Akta Kematian Adalan atau Pamata," katanya.

Ia menjelaskan, untuk penyerahan Akta Kematian dan KK itu biasanya dilakukan di hari ke 9 itu sudah diserahkan ke keluarga yang bersangkutan.

"Jadi melalui group tersebut Dinas Dukcapil dan KPU terus melakukan update data pemilih berkelanjutan. Selain itu juga Dinas Dukcapil akan menerbitkan KK baru dan akta kematian dan dikirim dalam bentuk PDF, kemudian desa akan mencetaknya dan diserahkan langsung kepada keluarga almarhum,"katanya.

Menurut dia, di dalam group whatsapp itu ada tiga instansi, yakni Dinas Dukcapil, KPU dan para kepala desa.

Ali bilang, penghargaan yang di capai Desa Fagudu itu jugs berkat upaya dan bantuan dari semua pihak, baik Aparat Desa, Kepala Dusun, RT maupun RW dan seluruh masyarakat.

"Jadi penghargaan ini merupakan didedikasikan untuk masyarakat Desa Fagudu," terangnya. (har/red)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini