Tim UE Polandia Sambangi Halmahera Utara, Ini Agenda yang Dibahas

Sebarkan:
Pose bersama antara tim UE Polandia dan Pemda Halmahera Utara (utm/KH)
TOBELO - Tim Uni Eropa (UE) Polandia melakukan kunjungan ke Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara, Senin, 25 April 2022.

Tim tersebut sebanyak enam orang. Mereka dintaranya Wojciech Szpocinski, Sylwia Halina Szparkowska, Piotr Krzysztot Walczak, Ewa Maria Sobiepanek, Piotr Robert Chmielewski dan Lech Aleksander Sledenik.

Pengamatan Kabarhalmahera.com,  kunjangan ini disambut baik Bupati Halmahera Utara, Ir Frans Manery dan jajaranya.

Bupati Halmahera Utara Ir. Fran Manery mengungkapkan, kehadiran tim tersebut dalam rangka membicarakan kerjasama antara Pemerintah Daerah dengan Polandia yang sempat tertunda.

"Ini untuk pengelolaan pasar Higienis Halmahera Utara bersih," katanya.

Menurutnya, pelaksanaan proyek itu dibawah program Uni Eropa (UE) kemitraan untuk kota-kota berkelanjutan sesuai perjanjian dengan Komisi Eropa No. CSO-LA /2020/ 420-747.

"Jadi ini terkait kerjasama yang tertunda ya, kerja sama pemerintah Polandia khususnya kota Kalfaria terkait pengelolaan pasar hijau jadi pasar yang bersih. Dan itu mereka mencari model untuk pasar yang dikelola oleh pemerintah dan masyarakat," terangnya.

Frans mengaku, pasca lebaran Idul Fitri, ia bersama dua orang pimpinan SKPD di lingkup Pemkab bakal diundang khusus ke Polandia untuk menindaklajuti perihal kerjasama tersebut.

"Kemungkinan Juni -Juli. Bupati dan dinas Lingkungan Hidup serta dinas Perdagangan akan ke Polandia, karena itu dananya dari Unieropa mereka yang siap fasilitasi tanpa kami pakai APBD," katanya.

Orang nomor satu di Pemkab Halut ini juga berharap, dimasa kepemimpinan bersama wakilnya Muchlis Tapi-Tapi kedepan Halmahera Utara terlihat bersih.

"Ya harus bagus, bersih, pasar higienis yang bersih berkelanjutan, kemarin mereka(pemerintah/Polandia) sudah melihat pasar kita dan paling tidak harus sama dengan pasar mereka, jadi sampah limbah itu dikelola secara baik, " pungkasnya. (utm/red)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini