Warga Posi-Posi Bangun Jembatan Secara Swadaya, Kades: Saya Bangga Memiliki Masyarakat seperti ini

Sebarkan:
Proses pekerjaan jembatan secara swadaya (Kamera/Rustam)
KAMERA MOROTAI - Masyarakat dan pemerinta Desa Posi-Posi atau Pulau Rao, Kecamatan Morotai Selata Barat (Morselbar), bergotong-royong membangun jembatan secara swadaya.

Pembangunan jembatan sepanjang 6 meter dengan lebar 4 meter itu, adalah akses menuju ke tempat wisata Batu Kopi desa setempat.  .

Kepala Desa Posi-Posi Rao, Junsman Makienggung kepada media ini mengatakan, pekerjaan pembangunan jembatan itu telah berlangsung beberapa minggu kemarin. Pekerjaan ini kata dia, juga melibatkan Pemdes, Masyarakat, dan Kapospol Pulau Rao.

"Baru dibuat sejak tanggal 1 dan 2 minggu kemarin, bulan depan akan dibuat juga bakti masyarakat karena masih ada 2 unit lagi yang harus dibuat untuk akses warga," ujarnya, Minggu, 11 September 2022.

Jembatan yang dibangun ini kata Junsman, selain untuk akses jalan ke tempat wisata Batu Kopi, juga sebagai akses petani menuju kebun.

"Bahannya kalau bagaian bawah itu di buat fondasi semen dan batu,  atasnya pakai batang kelapa itu swadaya masyarakat," sebutnya.

Pekerjaan gorong-gorong sebagai akses ke TPU (Kamera/Rustam)
Sebelumnya, sambung Junsman,  tidak ada pembangunan jembatan seperti yang dilakukan saat ini, namun karena dengan kesadaran masyarakat dan dukungan pemerintah desa sehingga dapat dilaksankan pembangunan tersebut.

"Kalau pembangunan awal belum pernah, ini baru dibangun," katanya.

Dengan begitu, Junsman mengaku sangat mengapresiasi kepada masyarakat karena sistem gotong royong di desa masih tetap diterapkan sehingga setiap pekerjaan apapun dapa lebih mudah dikerjakan.

"Tugas utama kita adalah melayani rakyat dan ini adalah langka awal dalam menjalani tanggung jawab di awal menjadi pemimipin, bangga memiliki masyarakat begini, karena yang sampai hari ini masih mengedepankan sistim gotong royong,  masih memberikan partisipasinya baik tenaga maupun materi yang dalam tujuan untuk kepentingan bersama dan di nikmati secara bersama pula," pungkasnya.

Selain pembagunan jembatan, Junsman bilang, juga dibangun gorong-gorong di dalam desa untuk akses ke TPU, hal ini dibuat semata-mata untuk aktifitas masyarakat tetap lancar dan nyaman.

"Ini juga dikerjakan bersama masyarakat, di waktu yang sama, anggarannya semua swadaya," tandasnya

====
Penulis : Rustam Gawa
Editor    : Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini