Demokrat Kota Ternate Berhasil Menjaring 17 Bacaleg 2024

Sebarkan:
Sekretaris DPC Demokrat Kota Ternate Abdurahman Hoda. (Kamera/Arfles)
KAMERA TERNATE - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Ternate telah menjaring 17 orang Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) 2024.

"Sejak 10 Oktober sampai saat ini sudah 17 orang bakal calon anggota Legislatif yang mengambil form pendaftaran," ujar Sekretaris DPC Demokrat Kota Ternate Abdurahman Hoda, kepada Kabarhalmahera.com, Rabu, 19 Oktober 2022 kemarin.

Ia bilang, sistem penjaringan ini berpedoman pada Petunjuk Pelaksanaan Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat, Peraturan Organisasi atau PO dan Juklak Partai Demokrat No : 01/JUKLAK/DPP.PD/IX/2022.

Menurutnya semua pelaksanaan penjaringan Bacaleg  itu melalui Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu).

"Sistem penjaringan ini dibuka secara umum, transparan dan akuntabel dengan mempertimbangkan potensi kemenangan di setiap dapil," katanya.

Tidak hanya itu, kata Abdurahman, semua dapil Kota Ternate sudah terisi. Namun, kata dia, sebanyak tiga orang baru memberikan informasi untuk mendaftar, namun belum mengambil formnya.

"Dapil I, 6 orang, Dapil II,  4 orang, Dapil III, 5 orang, Dapil IV,  2 orang. Sedangkan untuk 3 orang masih memberikan informasi," terangnya.

Abdurahman menambahkan, penjaringan terdapat tiga tahapan. Pertama, pendaftaran dengan penyerahan kelengkapan administrasi internal. Kedua, pemberitahuan kepada pendaftar yang telah memenuhi persyaratan administrasi internal untuk melengkapi berkas yang diperlukan untuk pendaftaran ke KPU.

"Dan ketiga, penyerahan syarat administrasi sebagaimana diatur oleh UU dan PKPU dilakukan secara manual ke tim penjaringan," tandasnya.

====
Penulis : Arfles Rajalahu
Editor    : Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini