Maluku Utara Diguncang Gempa Magnitudo 5.0, Tidak Berpotensi Tsunami

Sebarkan:
Ilustrasi Gempa Bumi di Maluku Utara. (Istimewa)
KAMERA MALUT - Wilayah Provinsi Maluku Utara diguncang Gempa bumi teknonik Magnitudo 5.0, Jumat pagi, 4 November 2022, pukul 06:29 WIT.

Hasil analisis BMKG menunjukkan Gempa ini memiliki parameter update dengan magnitudo 4,8. Episenternya terletak pada koordinat 0,68° LU ; 126,73° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 71 Km, arah Barat Daya Maluku Utara pada kedalaman 68 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, Gempa ini merupakan jenis menengah akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Laut Maluku," ujar Kepala Stasiun Geofisika Ternate, Andri Wijaya Bidang di Ternate.

Ia bilang, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa Gempa ini memiliki mekanisme pergerakan naik atau thrust fault.
 
"Gempa ini berdampak dan dirasakan di daerah Ternate dengan skala intensitas II-III MMI atau sepertu getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu. Hasil pemodelan menunjukkan gempa ini tidak berpotensi Tsunami," ucapnya.

Hingga pukul 07.01 WIT, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).
 
Kepada masyarakat, BMKG mengimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Juga menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," pinta Andri.*

Baca juga: Menyaksikan Fenomena Alam Gerhana Bulan Total di Langit Bumi Kieraha

====
Penulis : Aidar Salasa
Editor    : Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini