6 Pejabat Kembali Dilantik, Ini Penegasan Bupati Halmahera Utara

Sebarkan:
Prosesi pelantikan. (Kamera/Rustam)
KAMERA TOBELO - Sebanyak enam pejabat yang terduri dari eselon II,III dan IV kembali dilantik Bupati Halmahera Utara Ir Frans Manery.

Pelantikan itu berlangsung di lantai dua Kantor Bupati Halmahera Utara pada pukul 14:00 WIT, Senin 16 Januari 2023. Pelantikan itu sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Bupati dengan nomor : 82.2/01/BKDPSDA/KEP/PD/2023 tentang pengangkatan pejabat struktural eselon II di lingkungan Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara.

Turut dihadiri, Bupati Halut, Ir Frans Manery, Sekretaris Daerah, E.J Papilaya beserta seluruh pimpinan OPD lingkup Pemerintah Halmahera Utara.

Bupati Halmahera Utara, Ir Frans Manery dalam sambutan nya mengatakan bahwa, pihaknya melantik keenam pejabat tersebut itu dengan diyakini mampu melaksanakan tugas tanggung jawab.

"Saya Bupati Halmahera Utara dengan ini resmi melantik saudara-saudara untuk menduduki jabatan struktural eselon II, saya yakin dan percaya bahwa saudara-saudara akan berusaha melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang dibebankan," ujar Bupati. Senin, 16 Januari 2023.

Ia menyebutkan, pelantikan itu merupakan tindak lanjut dari arahan saat mengawali tahun kerja. Sehingga itu, hal tersebut tidak asing bagi pejabat untuk pelaksanaan pelantikan.

"Teman-teman pejabat eselon II dan hadirin sekalian, pelantikan seperti ini sudah tidak asing lagi bagi kita, ini hanya merupakan tindak lanjut daripada arahan kami saat mengawali tahun kerja, kami akan mulai fokus karena bagaimana yang kami katakan kemarin bahwa penyelenggaraan pemerintahan yang paling jelek adalah tahun 2022 ancor (hancur) sekali," beber Frans.

"Tahun ini kami akan coba menertibkan semua memulai dari pimpinan OPD kalau rasa sudah tidak bisa di atur dipinggirkan dulu,sementara yang masih bisa di atur akan kami tetap desain," sambungnya.

Semoga kata Frans,  resafel kali ini yang pertama di tahun dan bulan ini juga pihaknya sudah perintahkan Kepala BKD agar segera menyusun draft baru dan di rencanakan pertengahan Februari akan penataan birokrasi untuk seluruh jenjang.

"Saya rasa tidak perlu saya ulas lagi karena apa yang penting dan terpenting adalah sebagaimana tadi saya katakan dalam rapat Bapercaka saya tidak butuh saya di hargai, tetapi marilah kita bertanggung jawab untuk penyelenggaraan pemerintahan Kabupaten," pungkasnya.

Frans bilang, ia dan wakilnya Muchlis TapiTapi masa akan berakhir, tetapi tidak dengan Pemerintah ini. Sehingga, tanggung jawab penyelenggara pemerintah daerah tidak semata berada pada pundak Bupati dan Wakil, tetapi berada pada jajaran birokrasi.

"Ingat, kendali birokrasi hanya ada di sini, sekali lagi, birokrasi eksekutif dikendalikan dari kantor ini, penyelenggaraan pemerintahan penyelenggaraan keuangan daerah itu dikendalikan dari kantor Bupati ini, bukan dari kantor lain-lain," tegasnya.

Pihaknya menambahkan, jika terdapat para Kepala Dinas dan staf yang tidak taat dengan regulasi serta merubah APBD yang telah ditetapkan DPRD dan Pemerintah daerah agar tidak berada dalam lingkup pemerintahan kepemimpinan Frans Muchlis. Dengan begitu, ia juga tidak segan-segan melakukan pemecatan terhadap oknum yang tidak bertanggung jawab.

"Jadi kalau ada kepala dinas ada staf yang sengaja tidak taat kepada regulasi lebih baik dari sekarang pindah jauh-jauh, saya tidak mau di akhir kepemimpinan kami jadi bobrok, saya juga tidak mau akhir tahun ini akan terulang seperti tahun-tahun kemarin dikatakan pemerintah tidak ada uang, dari mana kemana pemerintah tidak ada uang ? Fungsi perencanaan sudah jelas, kalau bagi siapa-siapa saja yang masih ingin merubah APBD, itu baru hitungan detik, bila saya tahu siapa yang memerintah dan siapa yang merubah, mereka itu langsung dipecat saya akan proses pemecatan bukan lagi mutasi," pungkasnya.

Berikut nama-nama pejabat yang dilantik:

Samut Taha SP,MSi. Jabatan lama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Halmahera Utara/IIb, Jabatan baru, Asisten III Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Halmahera Utara.

Drs Frederik Naheson Sahetapi, S,IP.MH. Jabatan lama Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Halmahera Utara/IIb. Jabatan baru, Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Halmahera Utara.

Yudihart Noya, MH. Jabatan lama Asisten III Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Halmahera Utara. Jabatan baru Kepala Dinas Lingkungan Hidup Halmahera Utara/IIb.

Drs Anwar Surjani Kabalmai. Jabatan lama Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Halmahera Utara/IIb. Jabatan baru Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Halmahera Utara.

Muhammad TapiTapi SKM. Jabatan lama Sekretaris Dinas Penanaman Modal Pelayayan Terpadu Satu Pintu Halmahera Utara/IIb. Jabatan baru Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayayan Terpadu Satu Pintu Halmahera Utara.

Rymond N Batawi SP.M,CS. Jabatan lama Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga Halmahera Utara/IIb. Jabatan baru Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Halmahera Utara.

====
Penulis : Rustam Gawa
Editor    : Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini