Musrembang dan RKPD Kota Tidore 2024 Resmi Dibuka

Sebarkan:
Pembukaan Musrembang dan RKPD Kota Tidore. (Kamera/Aidar)
KAMERA TIDORE - Musyawarah Perencanaan Pembangunan  Daerah atau Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Tidore Kepulauan tahun 2024 resmi dibuka.

Musrembang dengan tema Pengembangan Infastruktur Pusat Pertumbuhan Ekonomi yang mendukung Sektor Unggulan itu dibuka oleh Walikota Tidore Kepulauan diwakili Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Taher Husain, yang berlangsung di Aula Nuku, Kantor Walikota Tidore, Selasa, 21 Maret 2023.

Mengawali Sambutan Walikota, Taher Husain mengatakan, Musrenbang RKPD merupakan bagian dari tahapan penyusunan perencanaan pembangunan daerah yang bertujuan untuk membahas rancangan RKPD Kota Tidore Kepulauan, dalam rangka untuk menyepakati permasalahan pembangunan Daerah maupun program prioritas Daerah.

Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Taher Husain, saat membacakan sambutan Wali Kota. 
Musrenbang RKPD ini juga untuk menyepakati program kegiatan, pagu indikatif, indikator dan target kinerja serta lokasi, penyelarasan program dan kegiatan pembangunan Daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan provinsi maupun pusat, serta untuk klarifikasi program dan kegiatan yang merupakan kewenangan Daerah Kota dengan program dan kegiatan desa/kelurahan, yang diusulkan berdasarkan hasil Musrenbang kecamatan. Ini agar tercipta singkronisasi program/kegiatan antar pihak dalam upaya peningkatan kualitas kegiatan yang lebih baik berdasarkan fungsi pelayanan yang dilaksanakan oleh setiap Perangkat Daerah dengan mengakomodir keinginan masyarakat," ujar Taher.

Lantaran itu, ia menekankan kepada seluruh pimpinan OPD agar menggunakan kesempatan dengan sebaik mungkin sebagai media konstruktif dan strategis dalam sistem perencanaan daerah, juga peningkatan keberhasilan pembangunan Kota Tidore Kepulauan kedepan. Terutama untuk kelanjutan dan kelangsungan pembangunan daerah sesuai dengan visi dan misi pembangunan Kota Tidore Kepulauan yang tertuang dalam RPJMD Tahun 2021-2026. 

"Karena Pemerintah Kota Tidore Kepulauan akan mendukung program Nasional antara lain Pengurangan Angka Kemiskinan Ekstrim dan Penurunan Stunting yang mana telah di canangkan pada Apel Gabungan Siaga Stunting  Tanggal 3 Maret tahun 2023 bahwa pada tahun 2024 Kota Tidore Kepulauan Zero Stunting,” singkat Taher.

Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Kota Tidore Kepulauan, Abdul Rasyid Fabanyo saat memberikan sambutan. 
Sementara, Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Kota Tidore Kepulauan, Abdul Rasyid Fabanyo dalam laporannya mengatakan, pelaksanaan Musrenbang rancangan RKPD merupakan rangkaian tahapan yang dilaksanakan dalam penyusunan perencanaan pembangunan tahunan sebelum rumusan rancangan akhir RKPD.

"Musrenbang ini bertujuan untuk mengefektifkan tugas pemerintahan yang baik melalui pemanfaatan sumberdaya publik sehingga berdampak pada percepatan proses perubahan sosial bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat, dengan harapan agar perencanaan pembangunan tahun 2024 mampu memberikan kontribusi nyata bagi terwujudnya masyarakat sejahtera menuju Tidore Jang Foloi," Kata Abdul Rasyid.

Abdul menambahkan, untuk mewujudkan pembangunan Daerah harus dilakukan melalui penguatan kolaborasi pada seluruh urusan yang diampu oleh Pemerintah Daerah.

"Karena melalui kolaborasi, kita akan saling mengerti permasalahan satu sama lain dan berusaha memecahkan masalah secara bersama, kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari di Aula Sultan Nuku Kantor Walikota," tandasnya.

Musrenbang RKPD Kota Tidore Kepulauan Tahun 2024 ini menghadirkan Direktur Regional Wilayah 3 Kementerian PPN/ BAPPENAS Ika Retna Wulandari, ST, M.Sc, Direktur Pengembangan Kawasan Transmigrasi Ir Rajumber Prihatin, MM, dan Kepala BAPPEDA Provinsi Maluku Utara.*

====
Penulis : Aidar Salasa
Editor    : Rustam Gawa

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini