Sambut Ramadhan, Pemerintah Kelurahan Guraping Gelar Lomba Kebersihan

Sebarkan:
Pertemuan membahas lomba kebersihan. (Kamera/Aidar)
KAMERA TIDORE - Pemerintah Kelurahan Guraping, Kecamatan Oba Utara, Kota Tidore Kepulauan menggelar lomba kebersihan antara RT. Itu dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1444 Hijriyah/2023 Masehi.

Toko pemuda Kelurahan Guraping, Idham Sabtu, menyampiakan lomba tersebut sebagai langka untuk membangun kembali jiwa gotong-goyong pada warga dalam menyambut bulan suci Ramadhan,  sebagaimana dilakukan oleh para pendahulu.

Pasalnya menurut dia, tradisi rubuh-rubuh atau ramai-ramai dalam aksi kebersihan itu sebelumnya sangat melekat pada jiwa warga Guraping pada momentum ramadhan. Meski begitu dia bilang, saat ini mulai terkikis oleh perkembangan zaman, sehingga terjadi pergeseran nilai yang sangat memprihatikan.

"Padahal nilai kegotongroyongan kini bergeser menjadi fanatisme individual yang justru membuat kita saling menuduh dan menyalahkan. Padahal pendahulu telah meletakan fandasi kerukunan yang sangat gamblang sebagai pegangan dalam membangun kebersamaan," ujar Idham kepada wartawan media ini, Kamis 16 Maret 2023.

Idham mengungkapkan, lomba kebersihan antar RT itu mendapat dukungan dari berbagai pihak. Karena itu sebagai tokoh pemuda tentu harus memberikan apresiasi positif kepada pemerintah Kelurahan Guraping yang telah melakukan program pembersihan dalam bentuk perlombaan untuk menyambut bulan suci Ramadhan 1444 H.

"Langkah pak lurah ini harus di dukung oleh semua pihak terutama RT/RW sekelurahan Guraping. Karena selain untuk berkompetisi dalam kebersihan lingkungan kegiatan tersebut juga bernilai pahala apalagi pada momentum ramadhan," katanya.

"Saya kira lomba itu hanya perangsang semangat warga untuk berpartisipasi dalam kebersihan lingkungan masing-masing tetapi substansinya adalah merajut kembali kebersamaan sesama warga dengan semangat gotong royong," sambungnya.

Senada juga di sampaikan, Sahlan Amir, yang juga sebagai kandidat calon ketua pemuda Kelurahan Guraping. Ia mengatakan, sebagai elemen pemuda sangat mendukung lomba kebersihan menyambut ramadhan yang di inisiasi oleh pemerintah kelurahan Guraping.

"Ini kegiatan positif yang harus di berikan apresiasi dalam bentuk partisipasi pemuda," akunya.

Sementara Kepala Kelurahan Guraping Rusdi Jamaluddin mengatakan, lomba kebersihan di bulan suci ramadhan ini sudah mendapat respon positif seluruh warga yang di wakili oleh masing-masing RT /RW kalangan pemuda dan stekholder dalam bentuk rapat bersama.

"Adapun bentuk kegiatan lomba yang akan di nilai pada malam Lailatul Qadar tersebut di antaranya lomba kebersihan, pemasangan umbul-umbul, kreasi lampu ela-ela dan tadarusan keliling di setiap RT," ujarnya.

Rusdi bilang, adapun rencana bonus yang di siapkan oleh pemerintah kelurahan sebagai bentuk apresiasi kepada pemenang itu adalah juara satu, dengan uang tunai 5 juta rupiah, juara dua, 3 juta rupiah dan juara tiga, 2 juta rupiah.

Selain bonus untuk RT yang keluar sebagai juara, Pemerintah Kelurahan juga akan memberikan apresiasi kepada semua RT yang turut berpartisipasi.

"Rencana penyerahan hadiahnya akan di lakukan pada hari ke 4 setelah idul Fitri dan akan di laksanakan di pantai wisata doe-doe Guraping, rencananya kami akan mengundang Wakil Walikota Tidore untuk menyerahkan secara langsung," tandasnya.

====
Penulis : Aidar Salasa
Editor    : Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini