Wujudkan Progam EVP, PLN UIW MMU Berbagi Kebahagiaan Ramadhan Kepada Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah

Sebarkan:
Penyalurkan bantuan pendidikan kepada santri dan santriwati di Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah. (Humas PLN)
TUAL -  PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Maluku dan Maluku Utara melalui Employee Volunteer Program (EVP) atau Program Relawan Pegawai menyalurkan bantuan pendidikan kepada santri dan santriwati di Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah, Sabtu, (15/4/2023).

Program EVP ini secara gamblang dikolaborasikan dengan program Berbagi Kebahagiaan Ramadhan yang secara konsisten digaungkan oleh seluruh Unit PLN di Indonesia. Bantuan yang diberikan berupa laptop, infokus, dan printer. Manager PLN UP3 Tual, Martinus Pasensi mengatakan, Program EVP ini bertujuan untuk membangun dan meningkatkan jiwa kepedulian komunitas pegawai PLN.

“Agar mereka terlibat secara aktif dalam program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan atau TJSL di seluruh unit PLN se-indonesia, Pegawai wajib ikut serta secara aktif sebagai relawan dalam kegiatan sosial bermasyarakatan,” ucap Martinus.

Dia menuturkan, program ini menyasar lingkungan pendidikan yang membutuhkan fasilitas penunjang, terutama dalam proses belajar-mengajar. Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah merupakan salah satu lingkup pendidikan yang belum lengkap sarana pembelajaran digital yang mumpuni.

PLN tidak hanya menyerahkan bantuan pendidikan itu, melainkan juga memberikan kesempatan kepada pihak yayasan untuk mengecek langsung kondisi fisik paralatan bantuan. Selain itu, para relawan PLN lainnya turut memberikan arahan tentang penggunaan fasilitas elektronik, seperti infokus kepada para tenaga pengajar di yayasan tersebut.

Sementara hal-hal yang berkaitan dengan kelistrikan, para siswa diberikan edukasi tentang bahaya listrik saat hujan serta cara agar mereka secara mandiri dapat meminimalisir bahaya dalam hal pengamanan listrik.

“Kami berharap penyaluran bantuan ini dapat memenuhi kebutuhan para guru dan siswa di sini. Sehingga tidak ada lagi hambatan dalam proses belajar mengajar. Kemudian program ini, diharapkan pegawai dapat membangun engagement dengan penerima manfaat dan menghasilkan output yang bisa dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, staf pengajar  MTS hafidzul Qur'an dan MA Al Islah Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah, Ustad Irman mengaku, selama ini Ia dan 15 tenaga guru lainnya harus menggunakan metode mengajar manual. Mereka terkendala karena harus menyiapkan materi ajar yang tak sedikit bagi ratusan siswa di sekolah-nya. Dengan adanya bantuan infokus, mereka bias menyesuaikan materi dan media ajar sesuai dengan perkembangan digitalisasi dewasa ini.

“Karena belum ada proyektor atau infocus kami mengajar manual jadi ini juga kendala karena jumlah santri yang begitu banyak. Jadi, kami harus membuat media lebih banyak lagi, tapi dengan adanya bantuan ini saya kira akan meminimalisir hambatan kami dalam proses belajar mengajar. Untuk itu, kami sangat berterima kasih kepada pihak PLN yang sudah memberikan bantuan berupa proyektor, laptop dan printer, ini sangat membantu dalam rangka proses belajar mengajar.  Di mana, saat ini sangat dibutuhkan digital ya. Jadi sekali lagi kami sangat berterima kasih kepada pihak PLN. Semoga ini menjadi berkah bagi kami Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah begitu juga dengan PLN,” ucapnya.* (Red)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini