280 Bacaleg di Tidore Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Jasmani

Sebarkan:
Bacaleg saat mendatangi RSD Kota Tidore. (Kamera/Aidar)
KAMERA TIDORE - Sebanyak 280 orang bakal calon anggota DPRD Kota Tidore Kepulauan  melakukan pemeriksaan kesehatan di rumah sakit umum daerah (RSD) Kota Tidore Kepulauan.

Pemeriksaan bakal calon oleh pihak rumah sakit ini di mulai sejak tanggal 27 April 2023 lalu. Hal itu dibernarkan oleh Sekretaris RSD Kota Tidore Nurdiana E Achmad,Saat di temui di ruang kerjanya Senin 8 Mei 2023.

Ia mengatakan, bahwa Rumah sakit Umum Kota Tidore Kepulauan sudah mulai melakukan pemeriksaan kesehatan kepada Bakal calon sejak 27 April kemarin.

Pemeriksaan kesehatan tersebut berdasarkan surat  pemberitahuan dari KPU terkait pemeriksaan kesehatan para bakal calon legislatif. Pemeriksaan kesehatan ini meliputi, pemeriksaan kesehatan Fisik, kesehatan jiwa serta keterangan bebas narkoba. Untuk kesehatan Fisik pemeriksanya akan ditangani oleh Dokter Umum, meliputi pemeriksaan darah, kemudian pemeriksaan kesehatan jiwa yang ditangani oleh Dokter spesialis kejiwaan serta pemeriksaan di Laboratorium untuk memastikan Para Caleg bebas dari penggunaan Narkoba.

"Jadi yang dikeluarkan rumah sakit itu ada tiga keterangan yang pertama kesehatan Jasmani atau Fisik, terus Kesehatan Jiwa, dan satu lagi keterangan bebas Narkoba," Jelas Nurdiana.

Nurdiana menambahkan, pemeriksaan kesehatan sejak tanggal 27 April hingga 8 Mei ini sudah sebanyak 280 bacaleg yang diperiksa kesehatannya.

Lebih lanjut Nurdiana menjelaskan, pemeriksaan kesehatan ini sesuai aturan KPU itu hanya dilakukan di Rumah Sakit Pemerintah, sebagai salahsatu syarat yang harus dipenuhi oleh bacaleg.

" Jadi sebelumnya itu kan ada pemberitahuan dari KPU, bahwa akan ada pemeriksaan kesehatan dari bakal calon legislatif, sebagai salah satu persyaratan," tuturnya.*

====
Penulis : Aidar Salasa
Editor    : Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini