Mampu Kembangkan Potensi Wisata, Sejumlah Kades di Tidore Diapresiasi Wawali

Sebarkan:
 Wakil Walikota Tidore Kepulauan, Muhammad Sinen. (Kamera/Aidar)
KAMERA TIDORE - Wakil Walikota Tidore Kepulauan, Muhammad Sinen, mengapresiasi sejumlah Kepala Desa (Kades) yang terus berinovasi mengembangkan potensi Wisata.

Apresiasi itu disampaikan kepada Desa Oba dan Desa Balbar, Kecamatan Oba Utara. Desa Maitara Tengah, Desa Maitara Utara dan Desa Maitara Kecamatan Tidore Utara.

"Saya berharap Desa-Desa yang lain juga bisa mengembangkan potensi yang ada di Desanya masing-masing, sehingga Desa itu sendiri bisa tumbuh dan berkembang," ujarnya saat ditemui media ini di ruang kerjanya, Rabu, 17 Mei 2023.

Orang nomor dua di Kota Tidore ini mengemukakan, saat ini sebagian desa telah memilki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), seharusnya BUMDes ini dapat dimanfaatkan untuk bekerjasama dengan Pemerintah Desa agar dapat mengembangkan potensi yang dimiliki.

Dengan begitu, kata dia, Desa sudah akan mandiri dalam rangka membangun Kesejahteraan Masyarakat. Ia bilang, pengelolaan potensi yang dimiliki oleh masing-masing desa tersebut juga dapat meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes) maupun Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Tidore belum memiliki sumberdaya alam berupa tambang, olehnya itu sektor Pariwisata ini perlu untuk dikembangkan sebagai potensi Daerah, meski begitu, untuk desa-desa lainnya bisa disesuaikan dengan potensinya masing-masing. Jadi Kepala-Kepala Desa di Tidore ini sudah harus lebih berinovasi," katanya.

Muhammad Sinen yang juga merupakan Politisi ternama PDIP Maluku Utara ini menambahkan, bahwa Desa saat ini telah digelontorkan Alokasi Dana Desa (ADD) dari Pemerintah Daerah sebesar 10 Persen ditambah dengan Dana Desa (DD) yang bersumber dari Pemerintah Pusat.  Untuk itu dana yang sudah mengalir ke Desa, itu sudah harus dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan masyarakat.

"Saya sangat bangga dengan beberapa Kades yang terus berinovasi, seperti Kades Oba, Kades Balbar dan Kades di Pulau Maitara," tuturnya.

Bagaimana dengan pengembangan Wisata Bahari Pantai Akebay di Desa Maitara.? Ditanya demikian, Wawali mengaku bahwa kedepannya, Pemerintah akan memberi dukungan terhadap pemerintah Desa Maitara. Sehingga wisata bahari Pantai Akebay yang baru dibangun oleh Pemerintah Desa Maitara, terus berkembang, mengingat banyak kebutuhan yang harus dilengkapi, namun Desa juga memiliki keterbatasan Anggaran.

"Kami akan terus mendukung inovasi yang dilakukan pemerintah Desa, asalknya mereka dapat memulai hal itu dengan memanfaatkan Dana Desa, selanjutnya kami akan mengalokasikan anggaran untuk memberi dukungan," ujarnya.

Untuk kedepannya, ia menyatakan, potensi Wisata yang ada di setiap Desa maupun di Kota Tidore Kepulauan akan diperhatikan secara menyeluruh, apalagi saat ini khusus untuk pulau Maitara telah menjadi Gerbang Wisata untuk Kota Tidore Kepulauan.

====
Penulis : Aidar Salasa
Editor    : Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini