BPKAD Haltim Gelar Bimtek Pelaporan Keuangan

Sebarkan:
Sekretaris BPKAD Kabupaten Halmahera Timur, Abadi Dauda. [Istimewa].
KAMERA TERNATE - Bimbingan teknis atau Bimtek tugas pokok dan fungsi bendahara pengeluaran dan Kasubag Keuangan SKPD tentang sistem akuntansi,  penatausahan, dan pelaporan keuangan daerah,  menggunakan SIMDA FMIS Tahun 2023 resmi dilaksanakan, di Kota Ternate.

Kegiatan yang dilaksanakan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Halmahera Timur ini dibuka oleh Kepala BPKAD, yang diwakili oleh Sekretaris, Abadi Dauda. Dengan melibatkan 94 peserta Bimtek dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah.

Abadi saat membacakan sambutan Kepala BPKAD Kabupaten Halmahera Timur menyampaikan, dalam rangka meningkatkan efektivitas dan efesiensi pengelolaan keuangan  ditingkat OPD, maka Pemerintah Kabupaten Halmahera Timur menyelenggarakan Bimtek.

Ia menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan dalam upaya meningkatkn kompetensi para bendahara  pengeluaran dan Kasubag Keuangan dalam hal sistem akuntansi dan penatausahan serta pelaporan keuangan pemerintah daerah.

"Sistem akuntansi, penatausahan, dn pelaporan keuangan yang baik adalah hal yang sangat penting dalam menjaga keuangan pemerintah agar terkelola dengn baik dan transparan. Dalam  era otonomi daerah yang semakin kompleks ini, tantangan dan dinamika yang dihadapi semakin   beragama," ucapnya, Selasa, 8 agustus 2023.

Oleh karena itu, kemampuan dan keterampilan dalam bidang keuangn harus terus ditingkatkan untuk menjawab tuntutan dn kebutuhan zaman. Dikatakan, dalam era digitalisasi seprti sekarang  pemanfaatan aplikasi SIMDA generasi terbaru  FMIS merupakan langkah cerdas dalam menjalankan tugas. Dengan adanya aplikasi ini  akan ada banyak keuntungan yang di dapat.

Pertama, proses  akuntansi dan   penatausahan akan lebih terstruktur dn teratur. Kedua, dengan adanya sistem otomatisasi akan ada efesiensi waktu dn tenaga dalam menjalankn tugas-tugas. 
Ketiga, aplikasi SIMDA FMIS juga membantu kita dalam menyusun laporan keuangan yang akuntabel sesuai dengan standar yang berlaku.

"Kami yakin dengan pemanfaatan teknologi yng ada saat ini kita dapat melangkah maju dalam pengelolaan keuangan pemerintah daerah, namun aplikasi SIMDA FMIS hanya alat yang membantu kita. Yang paling penting adalah kemampuan kita dalam memahami prinsip- prinsip akuntansi dan tugas-tugas kita sebagai Kepala Sub Bagian Keuangan dan Bendahara Pengeluaran," papar Abadi Dauda.

Dihadapan peserta Bimtek Abadi menegaskan betapa pentingnya peran Kasubag Keuangan dn Bendahara Pengeluaran OPD dalam menjaga  integritas dan akurasi data keuangan. Laporan keuangan yang akurat dan tepat waktu akan  memberikan gambaran yng jelas tentang kondisi keuangan daerah, sehingga dapat digunakan   sebagai dasar pengambilan keputusan yang lebih baik.

"Kami ingin mengingatkan bahwa tugas dan tanggung jawab yang di emban oleh Kasubag Keuangan OPD dan bendahara pengeluaran memiliki dampak yang signifikan terhadap kinerja Keuangan daerah serta citra pemerintah daerah," ujar Sekretaris BPKAD Halmahera Timur

Oleh karena itu, keberhasilan dalam tugas tidak hanya mencerminkan kemampuan individu tetapi juga berkontribusi pada pencapaian tujuan pembangunan Kabupaten Halmahera Timur secara keseluruhan. Dirinya berharap, melalui Bimtek ini para Kasubag Keuangan dan Bendahara Pengeluaran OPD dapat mengasah keterampilan teknis dan pengetahuan dalam menggunakn aplikasi SIMDA generasi baruFMIS

Selain itu lanjut Abadi diharapkan juga mampu mengoptimalkan peran dan tanggung jawabnya   dalam mengelola keuangan di OPD masing- masing. Diakhir sambutan ia mengajak kepada  peserta Bimtek dan tamu undangan untuk
bergandengan tangan dan bekerja sama menghadapi berbagai tantangan yang ada demi  tercapainya keuangan yng sehat dan terpercaya.

====
Penulis: Mulyadi Ismail
Editor   : Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini