Walikota dan Wakil Diminta Evaluasi Pimpinan OPD

Sebarkan:
Ketua GP. Ansor Kota Tidore Kepulauan, Soerpiadi Syahbuddin. (Istimewa)
KAMERA TIDORE - Gerakan Pemuda atau GP Ansor Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara, memapresiasi kepemimpinan Capt. H. Ali Ibrahim dan Muhammad Sinen selama dua periode yang dinilai sangat baik.

Hal itu disampaikan oleh Ketua GP. Ansor Kota Tidore Kepulauan, Soerpiadi Syahbuddin, Selasa, 10 Oktober 2023.

Buktinya, kata dia, di periode ke dua Capt. H. Ali Ibrahim dan Muhammad Sinen telah banyak melahirkan prestasi dan penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah Pusat. Bahkan kedua pimpinan ini telah dipercayakan untuk menyelenggarakan Ivent-Iven nasional, seperti Sail Tidore dan Hari Nusantara yang akan diselenggarakan pada 13 Desember 2023 mendatang.

Meski demikian, masih ada tugas lain yang perlu di tuntaskan, yakni masalah pengentasan kemiskinan ekstrem dan penurunan stunting. Pasalnya, menurut Soerpiadi, isu yang berkaitan dengan masalah kemiskinan ekstrem dan penurunan stunting merupakan isu nasional yang menjadi prioritas Pemerintah Daerah untuk ditindaklanjuti karena persoalan tersebut juga merupakan salah satu indikator makro pembangunan daerah.

"Kepemimpinan Wali Kota Capt. H. Ali Ibrahim dan Muhammad Sinen di periode ke dua ini berjalan sudah sangat baik, hanya saja niat baik kedua pimpinan itu belum disupport dengan baik oleh pimpinan perangkat daerah yang diberikan tanggung jawab untuk menangani masalah tersebut," katanya.

Politisi PDIP Kota Tidore ini menegaskan, pimpinan perangkat daerah dituntut untuk mensupport Wali Kota dan Wakil maka sudah harus memiliki skema pengentasan kemiskinan ekstrem maupun penurunan stunting yang di dalamnya berkaitan dengan konektivitas program antar perangkat daerah dilingkup Pemerintah Kota Tidore.

"Sesungguhnya ini menjadi tanggung jawab perangkat daerah yang berkaitan langsung dengan masalah tersebut, sehingga dengan begitu, Wali Kota dan Wakil dapat mengukur capaian dari setiap program yang diselenggarakan," sebutnya.

Selain menuntaskan masalah kemiskinan ekstrem dan penurunan stunting Soepriadi berujar bahwa di akhir periode kepemimpinan Ali Ibrahim dan Muhammad Sinen para pimpinan perangkat Dldaerah dilingkup Pemerintah Kota Tidore juga sudah harus memusatkan perhatian pada capaian visi-misi yang dituangkan dalam RPJMD Kota Tidore.

"Saya meyakini jika erforma perangkat daerah yang baik akan berkorelasi positif dengan pencapaian visi-misi Kepala Daerah," tegasnya.

Untuk itu, ia meminta Kepada Wali Kota dan Wakil Wali Kota agar dapat mengambil langkah cepat dan tegas untuk mengevaluasi perangkat daerah di level eselon II dan III yang lamban dalam merespon niat baik Wali Kota dan Wakil Wali Kota 

"Di akhir periode ini birokrasi membutuhkan penyegaran. Jadi, evaluasi adalah solusi," tegasnya.*

====
Penulis: Aida Salasa
Editor   : Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini