Jelang Nataru, Dinas Ketpang Kota Ternate Gelar Rakor

Sebarkan:
Kebid distribus dan cadangan pangan Dinas Ketpang Kot Ternate, Haeruddin. (Kamera/Adi).
KAMERA TERNATE - Dinas Ketahanan Pangan atau Ketpang Kota Ternate, Maluku Utara, melalui Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan menggelar rapat koordinasi, (Rakor) tentang stabilisasi lasokan dan harga pangan menjelang Natal dan Tahun Baru, (Nataru) dan Hari Jadi Kota Ternate. (Hajat).

Rakor tersebut berlangsung di Kantor Dinas Ketpang. Rabu, 25 Oktober 2023 dihadiri langsung pihak Bulog Ternate, Dinas Perindustrian dan Perdagangan atau Disperindag Kota Ternate, serta beberapa    distributor terkait lainnya.

Kepala Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan Dinas  Ketpang Kota Ternate, Haeruddin saat dikonfirmasi mengemukakan, kegiatan ini juga berhubungan dengan persiapan Gerakan Pangan Murah yang akan dilaksanakan antara tanggal 13 atau 14 November 2023.

Makannya dalam rapat koordinasi ini, pihaknya menghadirkan dari pihak Bulog untuk menyediakan prodak dalam kegiatan Gerakan Pangan Murah,terutama beras SPHP (Stabilisasi  Pasokan dan Harga Pangan), yang harganya  terjangkau dan kualitasnya sangat baik. 

"Jadi dalam rapat tadi mereka siap menyediakan beras tersebut dengn jumlah yang banyak sebab mereka punya ketersediaan karena Gerakan Pangan Murah kami akan rencanakan selama 2 hari,"  ucapnya tanpa merinci jumlah tersebut. 

Sementara dari Disperindag menyampaikan beberapa harga  komoditi sekarang ini juga mengalami kenaikan harga, kenaikan  harga tersebut disebabkan biaya transportasi cukup tinggi untuk mendatangkan prodak dari luar karena rata-rata di Kota Ternate) prodak yang ada sekitar 80 persen berasal dari luar. 

"Meski begitu, kami dari Dinas Ketpang  menjaga stabilisasi pasokan dan inflasi dengn melakukan operasi pasar serta mempersiapkan Gerakan Pangan Murah dengan tujuan adalah untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat menengah kebawah agar bisa mendapatkan  prodak yng memang akan lebih murah dari pada pasar yang ada pada umumnya," kata Haeruddin

Haeruddin juga menambahkan, mudah-mudahan dalam kegiatan Gerakan Pangan Murah nanti pihaknya  juga rencana akan sekaligus berkolaborasi dengan beberapa pemberian bantuan pangan dari Presiden yang nantinya akan diserahkan langsung oleh Wali Kota secara simbolis. 

"Selain itu, dalam Gerakan Pangan Murah ini kami juga akan rencananya mendatangkan buah, dan sayuran, serta menampilkan inovasi - inovasi dari UKM-UKM." tandasnya.

====
Penulis : Adi
Editor    : Rustam Gawa.

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini