Buka Sosialisasi USAID Ber-Ikan, Begini Harapan Kepala DKP Maluku Utara

Sebarkan:
Kegiatan sosialisasi program hibah (Grant Outreach) USAID. (Foto: Adi)
TERNATE - Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan atau DKP Maluku Utara, Abdullah Assagaf secara resmi  membuka kegiatan sosialisasi program hibah (Grant Outreach) USAID Ber-Ikan, di Ternate.

Agenda yang dilaksanakan oleh United States Agency for International Development atau USAID Ber-Ikan, di  Hotel Emerald Ternate ini mulai dari tanggal 25 hingga 26 Januari 2024.

Abdullah Assagaf menyampaikan, perlu disadari bersama bahwa sektor kelautan dan perikanan tidak mungkin maju dan berkembang secara berkelanjutan tanpa kerja sama yang sinergitas diantara para pemangku kepentingan. Pemerintah tidak mungkin bekerja sendiri, baik pusat maupun pemerintah daerah atau Pemda.

Abdullah melanjutkan, hanyalah salah satu aktor pembangunan yang kinerja pembangunannya sangat membutuhkan dukungan dari seluruh pemangku kepentingan lainnya. Salah satu mitra yng bersinergi dengan pemerintah dalam bidang perikanan adalah USAID Ber-Ikan. Ini merupakan program kemitraan antara Kementerian Kelautan dn Perikanan dengan USAID Indonesia.

"Kami pemerintah Maluku Utara merasa sangat berterima kasih karena dalam program USAID Ber-Ikan, yaitu program hibah USAID Ber-Ikan, Maluku Utara menjadi satu dari 8 provinsi yang terpilih menjadi fokus program hibah USAID Ber -Ikan. Ada pun program hibah ini memiliki empat tujuan, yakni memperkuat kelompok masyarakat pengawas untuk mendukung pengawasan perikanan, memfasilitasi pendaftaran kapal dan implementasi logbook untuk perikanan skala kecil,"  ucap Abdullah dalam sambutannya.

Selain itu, adalah memberdayakan komunitas nelayan skala kecil dalam usaha perikanan berkelanjutan, dan meningkatkan kesadaran terhadap perlindungan tangkapan sampingan dn pelaporan spesies laut. Selain itu, disebutkan, dalm kegiatan ini telah diundang  dari NGO, LSM, Lembaga Penelitian/Universitas, Asosiasi, sektor Swasta untuk berpartisipasi menjadi target mitra pelaksana untuk Provinsi Maluku Utara.

"Program ini diharapkan organisasi, yayasan, dan lembaga di Provinsi Maluku Utara yang memiliki kompetensi di bidang perikanan dan kelautan dapat mengirimkan proposal terbaiknya untuk   mendapatkan program hibah tersebut. Keempat sasaran inilah yng menjadi perhatian dan acuan  untuk mendapatkan dana hibah. Ini kita harapkn   siapapun nanti yang terpilih dapat melahirkan  program-program unggulan yang tentunya bisa mensejahterakan para nelayan di Maluku Utara,"  harapnya.

Dikatakan, momentum pertemuan sosialisasi  program hibah (Grant Outreach) USAID Beri-Ikan diinisiasi oleh USAID Ber-Ikan bekerja sama dengan pemerintah daerah melalui DKP Provinsi Maluku Utara merupakn cara kita untuk bersama-sama mengakomodir sekaligus mengkompilasi seluruh pikiran dan tenaga dalam upaya membangun sektor perikanan ke arah yang  lebih baik.

"Saya atas nama masyarakat Maluku Utara dan pemerintah provinsi Maluku Utara mnyampaikan rasa  terima kasih kepada USAID Ber-Ikan yang dengan sungguh-sungguh mendukung pelaksanaan kegiatan pada hari ini. Semoga segala usaha, kerja dan niat mulia kita untuk membangun kejayaan sektor perikanan sebagaimana guratan sejarah bisa bernilai ibadah," sebutnya.

Selanjutnya, dan yang paling utama semoga agenda pada hari ini bisa membawa berkah kesejahteraan bagi masyarakat Maluku Utara pada khususnya dan Indonesia pada umumnya.

====
Penulis: Mulyadi Ismail
Editor   : Rustam Gawa


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini