SMK Negeri 3 Ternate Bakal Gelar Pesantren Kilat Ramadhan Ceria

Sebarkan:
Kepala SMK Negeri 3 Kota Ternate, Drs. Kamaludin Ahmad, MM. (Istimewa).
TERNATE - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Kota Ternate, Maluku Utara, akan mengadakan acara Pesantren Kilat Ramadhan Ceria pada bulan suci Ramadhan 1445 Hijriyah/2024 M.

Agenda ini tujuannya adalah agar menjadikan peserta didik lebih memahami agama, sehingga mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari -hari. Acara ini dilaksanakan 19 hingga 21 Maret.

Kepala SMK Negeri 3 Kota Ternate, Kamaludin Ahmad mengemukakan, bulan suci Ramadhan  merupakan bulan penuh hikmah dn bulan penuh  ampunan. Karena itu, momentum tersebut harus dimanfaatkan dengan baik selama bulan puasa.

"Dalam memuliakan bulan suci Ramadhan ini, maka kami akan melaksanakan Pesantren Kilat Ramadhan Ceria mulai pada tanggal 19 hingga 21 Maret disesuaikan dengan pembelajaran di sekolah berdasarkan surat edaran dari Dikbud Provinsi" ucapnya di sekolah, Sabtu (9/3/2024).

Ia menyebut, dalam acara tersebut materi yang akan diberikan, yaitu peningkatan karakter, seperti contoh misalnya, disiplin, sikap tanggung jawab, toleransi, peduli lingkungan, dan lain-lain. Ini merupakan pembelajaran mengarah kepada peserta didik selama bulan suci Ramadhan.

Mantan Kepala SMK Negeri 2 Kota Ternate itu menyampaikan, dalam acara nanti dibimbing oleh internal sekolah atau bisa juga dari pemuka agama yang memahami di bidang ilmu agama.

"Selain pemberian materi juga ada tadarus, baca Al-quran, dan lain-lain. Intinya pada penguatan karakter, karena hal ini akan membantu mereka tumbuh dan  berkembang menjadi individu yang lebih baik dalam aspek kehidupan," jelasnya.

Dalam bulan suci Ramadhan ini diharapkan kepada para guru SMK 3 bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing, sebab peningkatan pendidikan itu adalah wajib, terutama soal peningkatan kompetensi sumber daya manusia atau peserta didik di sekolah.

"Tentu ini dalam rangka untuk memajukan dunia  pendidikan kita, maka pertama yang harus  ditingkatkan adalah Attitude, dan karakter, agar  dia lebih baik dari hari-hari kemarin," pungkasnya.

====
Penulis: Mulyadi Ismail
Editor   : Rustam Gawa

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini