Komisioner KPU Bertandang ke Polres Halut

Sebarkan:
Komisioner KPU Halut saat berada di ruang Kapolres. (Istimewa).
KAMERA TOBELO - Lima Komisioner Komisi Pemilihan Umum Daerah, (KPUD) Kabupaten Halmahera Utara, (Halut) bertandang ke Polres Halut pasca dilantik beberapa hari lalu.

Kegiatan tersebut berlangsung di ruang Kapolres dan diterima oleh Kapolres AKBP Moh Zulfikar Iskandar S.I.K didampingi kasat intelkam Iptu Djamalullail Mustafa,A.md. 

Kelima komisioner KPU Halut yang bertandang ke Polres itu yakni, Ketua KPU Abdul Djalil, SE, M.Ak, Sefriano Bitakono, S.Ip.Ferdy Rudolf Pangkey, Jarnawi Dodungo dan Adinda Musa.

Kapolres Halut dalam kesempatan itu   menyampaikan selamat atas dilantiknya  sebagai Komisioner KPU periode 2024-2029, kedepan akan banyak tantangan yang harus dihadapi oleh KPU Halut. 

"Sebagai evaluasi  terdapat kelemahan dalam pelaksanaan  Pilpres maupun Pileg kemarin harus dibenahi, beberapa temuan yang didapat saat pelaksanaan pesta demokrasi diantaranya PPK tidak mampu dalam menyelesaikan permasalahan ketika menghadapi saksi-saksi yang melakukan protes," ujar Zulfikar. Senin, 10 Juni 2024.

Dirinya juga menambahkan bahwa KPUD harus secara masif melakukan sosialisasi terkait dengan DPK, DPTB dan DPT dikalangan masyarakat baik dengan pamflet, selebaran maupun spanduk sehingga masyarakat yang mempunyai hak semuanya terakomodir dalam daftar pemilih nantinya.

Sementara itu, Ketua KPUD Halut Abdul Djalil, SE. M.Ak  menyampaikan bahwa hingga saat ini setelah pelantikan Komisioner, KPU sudah melakukan kerja-kerja dilapangan walaupun masih terkendala dengan anggaran yang belum sepenuhnya dikucurkan oleh Pemda Halut.

"Kami sebagai komisioner KPUD menilai kelemahan yang didapati saat Pilpres dan Pileg adalah ada beberapa petugas PPS yg tdk berani mengambil tindakan saat terjadi protes di tingkat TPS sehingga mengganggu pelaksanaan pencoblosan dan biasanya terjadi karena ketidak pahaman masyarakat dan kemampuan penyelenggara dalam memahami undang-undang pemilu," tuturnya.

Untuk diketahui, dalam waktu dekat Polres  akan membuat kegiatan dengan melibatkan KPU Bawaslu,  Gakumdu serta Tokoh Masyarakat, Agama dan Adat dimana KPUD memberikan  pemahaman terkait peraturan dan pelaksanaan sehingga masyarakat dapat memahami hal-hal yang dimaksudkan.

====
Penulis : Tim.
Editor    : Rustam Gawa.

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini