Bersama Pelajar SMKN 3 Ternate, Ikbal Djabid Tanamkan Nilai-nilai Empat Pilar Kebangsaan

Sebarkan:

Pose bersama usai sosialisasi (dok:KH)
KbrMALUT - Anggota MPR RI yang juga Dewan Perwakilan Daerah atau DPD RI dapil Maluku Utara, Ikbal Djabid, kembali menyambangi siswa-siswa tingkat SMA dan SMK di Ternate dalam rangka mensosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan.

Di sosialisasi kedua ini, Ikbal Djabid, memilih SMK Negeri 3 Ternate sebagai tempat transformasi pengetahuan Empat Pilar kebangsaan sebagai salah satu tugas pokok anggota Majelis Permusyawarat Rakyat (MPR RI).

Kepala Sekolah SMK N 3 Ternate, Djunaidi Marinda mengaku, sangat mengapresiasi langka Ikbal Djabid yang memilih sekolahnya sebagai tempat sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan tersebut.

“InsyaAllah sosialisasi ini dapat bermanfaat bagi kami dan nilai-nilai empat pilar kebangsaan ini juga dapat diterapkan di sekolah dan masyarakat pada umumnya,” ujarnya saat menyampaikan sambutan, Sabtu, 13 November 2021.

Sementara itu, Ikbal Djabid mengungkapkan, agenda sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan tersebut merupakan perintah negara atau tugasnya sebagai anggota MPR RI yang tertuang dalam Undang-undang nomor 42 tahun 2014 tentang MPR, DPD dan DPR RI. “Yaitu untuk mensosialisasikan Empat Pilar kebangsaan ini kepada seluruh masyarakat Indonesia terutama masyarakat Maluku Utara,” tutur Ikbal.

“Maka dengan itu saya berharap kegiatan sosialisasi ini dapat menambah pengetahun adik-adik pelajar untuk menuju ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi,” harapanya saat memberikan sambutan.

Ikbal Djabi (tengah) saat memberikan sambutan
Ia menjelaskan, sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan ini di fokuskan pada pemahaman kebangsaan diantaranya, Pancasila sebagai idiologi bangsa, UUD 1945 sebagai hukum tertulis atau sebagai konstitusi bangsa, NKRI sebagai kesatuan bangsa dari Sabang-Merauke dan Bhineka Tunggal Ika sebagai moto atau semboyan yang menandakan perbedaan namun tetap satu.

“Karena itu saya berharap pengamalan nilai-nilai empat pilar ini dapat mengukuhkan jiwa kebangsaan dan nasionalisme kita, untuk menjadi penerus bangsa yang semakin mencintai negeri ini,” pinta Ikbal.

Ikbal bilang, saat ini berbagai persoalan kebangsaan terjadi dimana-mana, baik persoalan sosial, suka, agama dan berbagai konflik kepentingan lain nya. Hal ini kata dia, membuat persatuan dan kesatuan bangsa semakin retak lantaran abai dan lalai dalam mewujudkan nilai-nilai dari Empat Pilar Kebangsaan tersebut.

“Karena itu saya mengajak kepada kita semua agar tetap komitmen menanamkan nilai-nilai dari Empat Pilar Kebangsaan ini demi masa depan negara yang kita cintai ini,” tandasnya. (red)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini