Gempa Magnitudo 6,0 Guncang Halmahera Barat, Warga Diminta Tenang

Sebarkan:
Ilustrasi gempa bumi (istimewa)
HALBAR - Gempa bumi magnitudo 6,0 mengguncang wilayah Halmahera Barat, Maluku Utara, Selasa, April 2022 sekitar pukul 10.44 WIT.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,9. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2,11° LU ; 126,97° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 77 Km arah Barat Laut Loloda, Halmahera Barat, Maluku Utara pada kedalaman 10 km.
 
"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng," ujar Kepala Stasiun Geofisika Ternate, Andri Wijaya Bidang di Ternate.
 
Menurutnya, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan sesar naik kombinasi mendatar (thrust-oblique fault ).

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi Tsunami," terangnya.

Andri menyebut, gempa ini berdampak dan dirasakan warga di Galela, Tobelo, Morotai  Bitung dan Siau.

"Hingga pukul 11.05 WIT, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock)," katanya.
 
Kepada masyarakat, Andri ,menghimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Dan menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah," tandasnya.* (red)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini