52 Warga di Tidore Dapat Bansos Fasilitasi Pengembangan Ekonomi

Sebarkan:
Puluhan warga peserta penerima bansos fasilitasi pengembangan ekonomi saat menghadiri acara penyerahan bantuan (Kamera/Aidar)
KAMERA, TIDORE- Bantuan Sosial atau Bansos Fasilitasi Pengembangan Ekonomi Masyarakat tahun 2022 resmi disalurkan di Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara, Senin, 19 September 2022.

Penyaluran bantuan dengan tema “Mewujudkan Kesejahteraan Menuju Tidore Jang Foloi,” ini, dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan, Ismail Dukomalamo, di Aula Kantor Camat Tidore.

Ismail Dukomalamo dalam sambutanya mengatakan, penyerahan bantuan sosial tersebut merupakan wujud nyata bahwa negara tidak akan membiarkan rakyatnya dalam kondisi apapun. Kerena itu kata dia, berbagai Bansos yang disalurkan itu adalah bentuk perhatian negara terhadap rakyatnya.

“Kita baru saja melewati masa-masa sulit penyebaran covid -19, olehnya itu pemerintah terus berupaya untuk meringankan beban masyarakat, dengan memberikan berbagai bentuk bantuan, salah satunya adalah bantuan sosial fasilitasi pengembangan ekonomi. Pemerintah menyadari bahwa kehidupan saat ini terasa sulit, dan wajib pemerintah hadir untuk meringankan kesulitan itu,” ujar Ismail.

Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan, Ismail Dukomalamo saat memberikan sambutan (Kamera/Aidar)
Ismail menyebut, Bansos yang diberikan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah itu sifatnya tidak secara terus menerus dan selektif, tidak mengikat, jelas peruntukkannya dalam bentuk uang atau barang, dan dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Saya menghimbau kepada penerima bantuan ini agar benar-benar dapat dimanfaatkan, dan kepada pelaku usaha, baik perorangan, keluarga maupuan kelompok masyarakat, tetap produktif dan terus melakukan kreasi dalam usahanya, bantuan ini juga menjadi motivasi untuk meningkatkan kemandirian mewujudkan pembangunan di bidag kesejahteraan,” kata Ismail.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial, Umar Zen dalam laporannya mengatakan, penyaluran bantuan sosial ini bertujuan mengembangkan usaha anggota atau kelompok masyarakat sehingga perputaran ekonomi keluarga dapat berjalan normal kembali, serta memitigasi resiko kerentanan sosial agar kelangsungan usaha dapat dijalankan, sehingga memenuhi kebutuhan dasar

“Penerima bantuan sosial ini sebanyak 52 orang, yang terdiri dari, 37 orang penerima dari Pulau Tidore, dan 15 orang penerima dari daratan Oba. Anggaran bantuan sosial fasilitasi pengembangan ekonomi masyarakat ini bersumber dari DPA Dinas Sosial Kota Tidore  2022,” ucap Umar Zen

Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan, Ismail Dukomalamo saat menyerahkan bantuan (Kamera/Aidar)
Bansos ini diberikan dalam bentuk barang yang di terima masing-masing satu buah, diantaranya Kompor Hock ukuran besar, Oven Hock (nomor 3), Bokor merk Nakata 7822 dan 7818, Panci nomor 36, Timbangan Kue, dan Wajan Matahari nomor 30.

Penyaluran bantuan ini rencananya akan berlangsung selama 3 hari atau Senin sampai Rabu, 21 September 2022. Itu berlangsung di dua titik yakni Pulau Tidore pada hari Senin dan Selasa, serta di Daratan Oba pada hari Rabu,  21 September 2022.

Sekdar diketahui, turut hadir dalam penyerahan bantuan sosial di Kecamatan Tidore, Kepala Kecamatan Djaela Djafar, Kepala Kecamatan Tidore Timur Samsul Failisa, Camat Tidore Utara Ade Soninga, Serta Kepala Kelurahan dan Kepala Desa se-Pulau Tidore.

====
Penulis : Aidar Salasa
Editor    : Rustam Gawa

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini