Blokade Jalan, Unras Tolak Kenaikan Harga BBM di Halmahera Utara Nyaris Ricuh

Sebarkan:
Massa mahasiswa yang tergabung dalam fron Bergerak Bersama Masyarakat (BBM) saat menggelar Unras penolakan BBM (Kamera/Rustam) 
KAMERA TOBELO - Aksi unjuk rasa atau Unras penolakan kenaikan harga BBM di Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara, nyaris ricuh, Kamis, 15 September 2022.

Aksi ini dimotori oleh mahasiswa yang tergabung dalam fron Bergerak Bersama Masyarakat (BBM) Tobelo.

Amatan Kabarhalmahera.com dilapangan, Unras mahasiswa ini berlangsung di tiga titik, diantaranya seputaran Hibualamo serta depan Polres dan kantor Bupati Halmahera Utara.

Massa mahasiswa saat menuju kantor Bupati Halmahera Utara (Kamera/Rustam)
Sementara ketegangan antara massa mahasiswa dan petugas keamanan itu berlangsung di depan kantor Bupati. Di tempat ini massa membakar ban mobil bekas, mereka juga tak segan-segan merombak sejumlah baliho yang terpampan di lokasi dan membakarnya.

Dengan begitu, jalan di sekitar pun dikuasai pendemo alias diblokade selama 2 jam. Akibatnya aktifitas lalu lintas lumpuh total. Tindakan itu dilakukan lantaran pemerintah daerah Kabupaten Halmahera Utara diduga "miskin" solusi atas kenaikan harga BBM.

Merasa diabaikan, massa mahasiswa mulai naik pitam, terpantau seorang aktifis perempuan dengan berani berteriak aksi tersebut harus caos alias ricuh, seketika massa aksi pun terbakar emosinya. Disitu, petugas keamanan Satpol PP dan mahasiswa nyaris adu jotos. Namun aksi ini mampu dilerai.

Masa Unras saat memblokade jalan (Kamera/Rustam)
Hingga sekitar pukul 16.00 WIT, para pendemo pun bubar meninggalkan lokasi. Selanjutnya, api dilokasi dipandamkan menggunakan satu unit Damkar milik Satpol PP.

Wakapolres Halmahera Utara Kompol Alwan Aufat saat disambangi mengatakan, demonstrasi yang digelar itu terbilang "arogan". Pasalnya kata dia, para mahasiswa menginginkan caos. Namun pihaknya tetap memilih untuk menahan diri dan tidak terpancing dengan gerakan massa tersebut.

"Kalau mereka joget-joget dan sampaikan orasi biarkan saja, yang terpenting jangan sampai ada gesekan itu saja," singkatnya.

====
Penulis : Rustam Gawa
Editor    : Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini