Sambut HUT Desa, Pemdes Balbar Gelar Karnaval Budaya, Begini Kata Wawali Tidore

Sebarkan:
Muhammad Sinen saat foto bersama dengan peserta karnav (Kamera/Aidar)
KAMERA TIDORE - Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan Muhammad Sinen membuka dan melepaskan peserta Karnaval Budaya di Desa Balbar, Kecamatan Oba Utara, pada Kamis, 22 September 2022.

Karnaval Budaya ini digelar oleh pemerintah desa atau pemdes setempat dalam rangka menyabut Hari Jadi alias HUT Desa Balbar yang ke 15 tahun.

Muhammad Sinen dalam sambutanya menyampaikan, pemerintah daerah Kota Tidore Kepulauan sangat mengapresiasi atas digelarnya kegiatan karnaval budaya tersebut.

"Kegiatan ini patut mendapat dukungan semua pihak, karena selain salah satu bentuk kegiatan dalam menyemarakkan perayaan HUT Desa Balbar,  juga merupakan upaya pemerintah desa Balbar dalam membangun dan mempromosikan daerah tercinta ini sebagai daerah yang kaya akan budaya" ujarnya.

Pembukaan dan pelepasan karnaval budaya (Kamera/Aidar)
Orang nomor dua di Pemkot Tidore Kepulauan ini mengatakan, budaya atau adat-istiadat yang diangkat dalam karnaval itu memiliki arti strategis dan berfungsi sebagai alat perekat rasa kebersamaan.

"Sebab dengan nilai - nilai budaya masyarakat dapat hidup dengan aman, rukun, damai dan harmonis," katanya.

Pria yang akrab disapa Ayah Erik ini mengemukakan, budaya itu bukanlah tentang sebuah golongan di masyarakat tertentu, tetapi juga merupakan sejarah perjalanan masyarakat secara utuh yang kemudiam menjadi sebuah tanggung jawab. Lantaran itu kata dia, hal tersebut dapat dijadikan sebagai tugas pemerintah dan masyarakat secara bersama untuk mengembangkan nilai-nilai budaya lokal.

Muhammad Sinen saat melepaskan peserta karnaval (Kamera/Aidar)
"Oleh karenanya, mari melalui kegiatan ini kita semarakkan HUT ke 15 Desa Balbar dengan rasa gembira dan penuh rasa kekeluargaan, tetap jaga persatuan dan kesatuan diantara kita semua. Karena kita adalah satu," tandasnya.

Perlu diketahui, peserta dalan karnaval budaya terdiri dari masyarakat desa Balbar mulai dari anak-anak maupun orang dewasa.

====
Penulis : Aidar Salasa
Editor    : Rustam Gawa

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini