Wakil Wali Kota Tidore Angkat Bicara Terkait Kasus Dugaan Rasisme ke Warga Oba

Sebarkan:
Wakil Wali Kota Tidore Muhammad Sinen saat di wawancarai awak media. (Kamera/Aidar)
KAMERA, TIDORE - Pernyataan dugaan rasisme kepada warga Oba dan suku Sanger yang lontarkan bakal calon Wali Kota Tidore Kepulauan, Syamsul Rizal, beberapa waktu mendapat sorotan Wakil Walikota Tidore Kepulauan, Muhammad Sinen.

Orang nomor dua di lingkup Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan itu turut mengecam tindakan rasisme. Ia menegaskan semagat mengutuk keras pernyataan siapapun yang sengaja memecah belah persatuan dan kesatuan di tengah-tengah masyarakat.

Meski begitu, pria yang akrab disapa Ayah Erik ini mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat Kota Tidore terutama warga yang tinggal di daratan Oba, agar tidak mudah terprovokasi dengan pernyataan tersebut sehingga bisa diselesaikan melalui jalur hukum karena yang bersangkutan telah di laporkan ke pihak Kepolisian Resort Tidore.

"Sebagai Wakil Kepala Daerah tentu saya tidak terima jika warga saya harus dihina, namun karena kita ini bernegara yang dilindungi dengan Undang-undang, maka setiap persoalan yang terjadi, juga harus diselesaikan dengan aturan. Tidak boleh main hakim sendiri, biarlah pihak kepolisian bekerja sesuai ketentuan yang berlaku," ungkap Ayah Erik ,saat dikonfirmasi sejumlah awak media usai menerima kunjungan President Joko Widodo, di Sofifi, Rabu, 28 September 2022.

Ia menyatakan sangat menyesalkan sikap yang ditunjukan Syamsul Risal melalui pernyatannya kepada Warga Oba dan Suku Sanger saat melakukan silaturrahim di Kelurahan Mareku, Kecamatan Tidore Utara, pada 23 September 2022 lalu tersebut.

Mestinya kata Ayah Erik, sebagai tokoh politik, Syamsul Rizal tidak harus menjatuhkan atau menghina golongan tertentu yang telah berkecimpun di Kota Tidore Kepulauan, sebab siapapun mereka, jika sudah berdomisili di Tidore, maka itu sudah menjadi bagian dari Warga Masyarakat Kota Tidore.

"Saya berbicara seperti ini bukan karena persoalan politik, melainkan tanggungjawab saya sebagai Wakil Kepala Daerah, yang berkewajiban melindungi warga saya, jadi kalau ada orang yang datang menghina warga saya, tentu saya juga ikut terluka, karena prinsip saya, lebih baik saya yang dihina daripada Warga saya," tuturnya.

Ketua DPD PDIP Provinsi Maluku Utara ini mengaku, selama dirinya menjabat sebagai Wakil Wali Kota Tidore dua Periode, ia telah berulang kali menyambangi wilayah Oba yang terdiri dari empat Kecamatan.

"Ini karena saya menyadari benar, bahwa sebelumnya Warga Oba, banyak mengeluhkan tentang pelayanan dan disparitats pembangunan. Sehingga membutuhkan perhatian serius dari Pemerintah Daerah," katanya.

Selain itu menurutnya, wilayah Oba juga memiliki masa kelam akan perang saudara yang telah memakan banyak korban, hanya karena Issue sara. Untuk itu, dirinya bersama Walikota Capt. H. Ali Ibrahim, berkomitmen untuk mendorong semangat persatuan dan kesatuan di tengah-tengah masyarakat dengan berasaskan semangat Pancasila, agar tidak terjadi konflik sosial.

"Bhineka Tunggal Ika adalah perekat kita semua, tanpa harus membedakan Suku, Ras, Agama dan Antar Golongan. Olehnya itu, tidak pantas bagi siapapun yang datang di Tidore dan merongrong kebersamaan dan semangat persatuan yang telah kita bangun selama ini," tandasnya.

Ayah Erik juga berpesan kepada masyrakat agar persoalan tersebut disikapi secara bijak dan arif dan tidak perlu saling gontok-gontokan, karena persoalan ini hanya dilakukan oleh oknum tertentu.

"Saya minta warga di Oba bisa menahan diri, dan kita percayakan kepada pihak kepolisian untuk menyelesaikan kasus ini sampai ke tingkat pengadilan, sebagai warga negara yang baik maka kita harus taat hukum, karena tidak ada orang di republik ini yang kebal hukum," pintanya mengakhiri.

====
Penulis: Aidar Salasa
Editor   : Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini